Menu

Jangan Sepelekan Hipotiroid, Tanda Peringatan Dini Ini Kerap Terlihat di Pagi Hari, Waspada Ya Beauty!

19 September 2022 08:05 WIB
Jangan Sepelekan Hipotiroid, Tanda Peringatan Dini Ini Kerap Terlihat di Pagi Hari, Waspada Ya Beauty!

Ilustrasi kelenjar tiroid bermasalah (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, hipotiroid atau kelenjar tiroid yang kurang aktif biasanya tak muncul dengan sendirinya dalam tanda-tanda visual yang mengapa sering digambarkan sebagai "penyakit tak terlihat". 

Namun, ada beberapa tanda yang tak boleh diabaikan karena penyakit ini dapat menyebabkan konsekuensi kesehatan yang lebih berbahaya.

Salah satu cara untuk mengidentifikasi hipotiroid adalah melalui tanda yang biasanya menyerang di pagi hari, Beauty,

Mengidentifikasi tanda-tanda peringatan secara tepat waktu dan mencari pengobatan dapat membantu meningkatkan kesehatanmu dan mencegah konsekuensi jangka panjang.

Apa itu hipotiroidme?

Kelenjar tiroid adalah kelenjar kecil di leher yang terletak di depan tenggorokan. Ini melepaskan hormon yang mengatur beberapa fungsi utama tubuh, seperti metabolisme. Sekarang dalam kasus tiroid yang kurang aktif, yang juga disebut hipotiroidisme adalah berarti kekurangan hormon tiroid.

Ini biasanya disebabkan oleh tiroiditis Hashimoto autoimun, penyakit di mana sistem kekebalan itu sendiri menyerang kelenjar tiroid. Jika tak diobati, hipotiroidisme dapat mengganggu cara saraf membawa informasi ke dan dari otak, sumsum tulang belakang, dan tubuh.

Kelelahan sebagai tanda hipotiroidisme

Kelelahan adalah salah satu gejala utama hipotiroidisme. Ini sering digambarkan sebagai kelelahan yang mematikan tulang, yang disebabkan karena pengaturan kadar tiroid yang tak tepat. 

Karena kelelahan juga merupakan tanda masalah kesehatan serius atau sementara lainnya, yang terbaik adalah menemui dokter da dan menjalani tes, jika tidak, kamu mungkin mengabaikannya dan tak menyadari bahwa kamu menderita hipotiroidisme.

Kelelahan ini bisa berkembang secara perlahan atau datang tiba-tiba. Menurut ahli kesehatan, biasanya menyerang di pagi hari dan orang yang mengalaminya hampir tak bisa mengangkat kepala dari bantal di pagi hari. Ini jelas pertanda bermasalah, seolah-olah kamu sehat dan cukup istirahat, kamu harus merasa segar di pagi hari.

Baca Juga: Tanda-tanda Kelenjar Tiroid Bermasalah, Auto Nyesel Kalau Diabaikan!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.