Menu

Jangan Asal Makan, 6 Makanan Ini Ternyata Gak Boleh Dikonsumsi saat Perut Kosong

19 September 2022 11:05 WIB
Jangan Asal Makan, 6 Makanan Ini Ternyata Gak Boleh Dikonsumsi saat Perut Kosong

Ilustrasi perut mulas. (Freepik/kroshka_nastya)

HerStory, Bandung —

Ketika perut kosong, ada baiknya kamu perhatikan makanan yang kamu makan. Pasalnya, gak semua makanan boleh kamu konsumsi saat perut kamu kosong lho. Kira-kira apa saja? Yuk, simak beberapa makanan yang perlu kamu hindari agar gak berbahaya untuk perut.

1. Kue kering/Puff

Salah satu makanan yang perlu dihindari saat perut kosong yaitu kue kering/Puff pastry. Pasalnya, kue jenis ininmengandung ragi yang dapat mengiritasi garis perut, yang mana ini dapat memicu sakit perut.

2. Makanan pedas

Makan hidangan pedas dengan perut kosong meningkatkan kemungkinan iritasi perut. yang dapat menyebabkan reaksi asam dan kram. Makanan pedas memiliki rasa yang sangat tajam dan kuat sehingga dapat memicu gangguan pencernaan.

3. Permen

Mengkonsumsi gula saat perut kosong tidak disarankan karena ketika gula memasuki perut kosong, tubuh manusia tidak dapat mengeluarkan cukup insulin untuk mempertahankan kadar normalnya dalam darah. Ini juga dapat mengganggu keseimbangan asam-basa.

4. Pisang

Makan pisang saat perut kosong meningkatkan jumlah magnesium dalam darah, yang mana ini bukan kabar baik bagi jantung. Pisang juga tinggi gula alami, karena 25i rata-rata pisang adalah gula. Ini memberi dorongan energi awal yang hanya akan menguras energi di kemudian hari.

5. Jus buah

Selain makanan, ada juga minuman yang sebaiknya dihindari saat perut kosong salah satunya yakni jus buah. Jus buah adalah makanan pokok dalam diet kita.

Namun, saat kondisi perut sedang kosong, jus buah justru memicu beban pada pankreas bertambah. Dan gula dalam bentuk fruktosa dalam buah-buahan dapat berdampak negatif pada hati.

6. Minuman berkarbonasi

Penting untuk diketahui bahwa minum minuman ringan tidak dapat diminum kapan saja. Minum minuman bersoda saat perut kosong dapat menyebabkan perut kembung dan terlalu banyak mengonsumsi minuman berkarbonasi meningkatkan kondisi asam di perut yang pada gilirannya dapat menjadi penyebab kanker kerongkongan. 

Baca Juga: Hati-hati! Ini 8 Makanan yang Gak Boleh Dikonsumsi saat Perut Kosong

Baca Juga: Bisa Jadi Penyakit, Hindari 4 Asupan Ini saat Perut Kosong, Jangan Bandel Ya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.