Menu

3 Tanda Kolesterol pada Kaki yang Sering Diabaikan, Hati-hati Semakin Parah Moms!

19 September 2022 13:30 WIB
3 Tanda Kolesterol pada Kaki yang Sering Diabaikan, Hati-hati Semakin Parah Moms!

Ilustrasi kedutan di kaki (Exaude.com/Edited By HerStory).

HerStory, Bandung —

Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang bisa menyebabkan komplikasi pada penyakit lain. Untuk itu, perlu untuk mewaspadai penyakit yang satu ini.

Salah satu contoh kasus paling akut dari kolesterol tinggi adalah penyakit arteri perifer (PAD). Penyakit ini adalah kondisi di mana adanya timbunan lemak seperti kolesterol di arteri yang membatasi suplai darah ke otot kaki. Berikut adalah tiga tanda kolesterol tinggi yang terjadi pada kaki yang harus kamu waspadai, diantaranya:

Tanda Kolesterol Tinggi pada Kaki

1. Kaki Nyeri 

Penyumbatan arteri di kaki menyebabkan oksigen yang dibawa oleh darah tidak mencapai bagian tubuh paling bawah. Hal ini yang membuat kaki terasa berat dan lelah. Pada orang dengan kolesterol tinggi, sering kali mengeluhkan rasa terbakar pada bagian tubuh bawah. 

Selain itu, rasa sakit pada paha dan betis juga sering terjadi. Rasa sakit ini kerap terjadi saat berjalan, meskipun dalam jarak dekat. 

2. Kaki Keram 

Keram kaki berkelanjutkan terutama saat tidur merupakan gejala umum untuk kolesterol tinggi. Gejala ini dirasakan sering kali pada bagian tumit, kaki bagian depan, dan jari kaki. 

Hal ini makin parah saat teridur di malam hari. Menggantungkan kaki dari tempat tidur atau duduk bisa menjadi pilihan untuk meredakan keram karena akan membantu darah mengalir ke bawah akibat gaya gravitasi. 

3. Perubahan Warna Kulit dan Kuku Kaki 

Kurangnya aliran darah dapat membuat perubahan pada warna kulit maupun kuku. Sel yang berada di daerah tersebut tidak mendapatkan cukup nutrisi karena berkurangnya aliran darah. Tanpa oksigen dan nutrisi yang cukup, kulit akan kering sedangkan kuku kaki akan menebal dan tumbuh lebih lambat. 

Itulah tiga tanda kolesterol tinggi pada kaki. segera waspada ya!

Baca Juga: Kolesterol Tinggi Ancam Bahaya pada Anak, Cek Penyebab Hingga Cara Atasinya Ya Moms!

Baca Juga: Catat Beauty! Ini 5 Kesalahan dalam Menurunkan Kolesterol yang Perlu Kamu Ketahui!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.