Menu

Moms, Jangan Pernah Abaikan Puting Gatal dan Bersisik, Ini Alasannya!

19 September 2022 14:05 WIB
Moms, Jangan Pernah Abaikan Puting Gatal dan Bersisik, Ini Alasannya!

Ilustrasi payudara kencang dan sehat (premiumorganic.id/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Tak jarang seseorang bisa mengalami puting yang terasa gatal dan menganggu kenyamanan. Meski sering dianggap sepele, nyatanya ada sejumlah penyebab, baik ringan hingga berat yang bisa memicu puting gatal.

Pakar kesehatan mengatakan bahwa puting gatal bisa disebabkan karena kulit kering, stres hingga tanda seseorang memasuki masa menopause. Kondisi itu jika dibiarkan dapat membuat puting mengalami peradangan.

Menurut Mayo Clinic, kulit kering juga kerap terkait dengan kondisi seperti eksim. Kondisi dingin dan berangin juga dapat mengeringkan kulit seseorang, seperti halnya pemanas yang menyerap kelembapan dari udara.

Terlalu lama mandi dengan air hangat juga bisa jadi penyebabnya. Ini dikarenakan air panas dapat menghilangkan minyak alami yang menghidrasi kulit.

Di sisi lain, penyebab puting gatal lainnya juga karena reaksi alergi ketika kulit bersentuhan dengan iritan. Mulai dari pengaruh  deterjen, sabun, losion, atau bahkan mulai memakai jenis kain yang berbeda.

Jika kulit di sekitar puting berwarna merah, gatal, bengkak, bersisik atau bahkan terbakar, kemungkin itu bisa disebabkan oleh kasus dermatitis kontak, menurut Klinik Cleveland.

Baca Juga: Alami Gatal pada Puting? Ini 4 Bahan Alami untuk Meredakannya

Baca Juga: Bikin Gak Nyaman, Ternyata Ini Lho Alasan Kenapa Puting Payudara Sering Gatal

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.