Menu

Waspada! Ini 5 Infeksi Vagina yang Sering Menyerang, Gejalanya Bikin Ngilu Moms, Nomor Tiga Bisa Picu Kematian, Hmmm...

19 September 2022 12:40 WIB
Waspada! Ini 5 Infeksi Vagina yang Sering Menyerang, Gejalanya Bikin Ngilu Moms, Nomor Tiga Bisa Picu Kematian, Hmmm...

Kesehatan vagina. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Miss V merupakan salah satu oragan vital pada wanita yang sangat sensitif. Karenanya oenting untuk menjaga kesebersihannya agar terhindar dari berbagai infeksi. Ya, infeksi vagina merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup sering dialami oleh sebagian besar wanita.

Melansir dari NHS, penyebab infeksi vagina dalam istilah medis disebut dengan vaginitis. Kondisi ini disebabkan oleh jamur, bakteri, protozoa, hingga virus. Berikut ini beberapa infeksi vagina yang kerap menyerang wanita dan gejalanya, yaitu:

1. Infeksi jamur vagina

Ini adalah kondisi umum yang sering menyerang wanita. Penyebabnya biasanya terjadi karena pertumbuhan jamur candida berlebihan di vagina. Infeksi jamur vagina bisa menyerang setiap wanita, namun cenderung sering menyerang penderita diabetes dan waniat yang memiliki sistem imun lemah.

Gejala infeksi jamur vagina ditandai dengan keputihan, vagina gatal, kemerahan, bengkak, dan nyeri saat buang air kecil.

2. Vaginosis bakterialis

Infeksi ini dapat dialami wanita usia subur atau belum menopause, terutama wanita yang gonta-ganti pasangan saat berhubungan seks, kerap melakukan douching, dan perokok. Gejalanya, meliputi keputihan berbau amis, terutama saat berhubungan intim dan menstruasi.

Selain itu, vagina biasanya akan berwarna kemerahan atau gatal.

Baca Juga: Mau Si Miss V Tetap Sehat? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini Ya!

Baca Juga: Mengatasi Keputihan dengan Daun Sirih, Ampuhkah?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.