Menu

Sukses Belasan Tahun jadi Jurnalis, Simak Perjalanan Karier hingga Kisah Cinta Najwa Shihab, Blak-Blakan Ngaku Bucin

19 September 2022 14:05 WIB
Sukses Belasan Tahun jadi Jurnalis, Simak Perjalanan Karier hingga Kisah Cinta Najwa Shihab, Blak-Blakan Ngaku Bucin

Najwa Shihab (Instagram/@najwashihab)

HerStory, Jakarta —

Sosok jurnalis perempuan Najwa Shihab tentunya sudah tak asing lagi di dunia media dan jurnalistik.

Perempuan kelahiran 1977 ini pun dikenal sebagai jurnalis perempuan sekaligus pembawa acara televisi yang paling berbobot di Indonesia dengan memiliki pemikiran yang kritis dan karakternya yang tegas serta tajam.

Meski sudah banyak diketahui terkait sosok tuan rumah acara 'Mata Najwa' alias Najwa Shihab merupakan seorang jurnalis dan lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia, namun rupanya ada hal yang baru-baru ini Najwa Shihab ungkapkan lho, Beauty. 

Biar semakin mengenal sosok jurnalis perempuan Indonesia, Najwa Shihab, yuk simak beberapa fakta seputar profil, perjalanan karier, hingga kisah cinta Najwa Shihab yang dirangkum HerStory dari berbagai sumber.

1. Profil Najwa Shihab

View this post on Instagram

A post shared by Najwa Shihab (@najwashihab)

Najwa Shihab lahir di Ujungpandang, Sulawesi Selatan, pada 16 September 1977 dan ia diketahui merupakan putri kedua dari pasangan Quraish Shihab dan Fatmawati Assegaf.

Nama 'Najwa Shihab' yang diberikan oleh sang ayah Quraish Shihab mempunyai arti percakapan atau bisikan atau menurut makna majazinya, 'Najwa Shihab' diartikan sebagai orang yang pandai bercakap, mudah mengerti, dan cerdas saat berinteraksi dengan orang lain. Wah, namanya benar-benar menjadi sebuah doa dan harapan kedua orang tuanya ya, Beauty.

Najwa Shihab merupakan anak kedua dari tiga saudara perempuan dan satu saudara laki-laki, di antaranya, Najelaa Shihab, Nasywa Shihab, Nahla Shihab, dan Ahmad Shihab.

Perempuan berusia 45 tahun ini juga diketahui memiliki keturunan India, Bugis, dan Arab, Nepal, Bangladesh, Tamil.

2. Pendidikan Najwa Shihab

View this post on Instagram

A post shared by Najwa Shihab (@najwashihab)

Riwayat pendidikan Najwa Shihab berawal dari masa taman kanak-kanak, yaitu TK Al-Quran Ujungpandang, dan melanjutkan jenjang pendidikannya di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah, kemudian SMP Al-Ikhlas Jakarta, dan SMA Negeri 6 Jakarta.

Sebelum meniti karier sebagai seorang reporter, Najwa Shihab merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia angkatan 1996 dan melanjutkan ilmu hukumnya ke jenjang S2 dan menuntut ilmu di Melbourne Law School, hingga akhirnya meraih gelar LL.M. alias Legium Magister atau Magister Hukum.

Di lain hal, Najwa Shihab diketahui diterima sebagai mahasiswa Fakultas Hukum UI, melalui jalur Penelusuran Minat dan Bakat (PMDK) yang mana menjadi salah satu jalur yang sangat dinantikan oleh para siswa SMA pada saat itu.

Saat melanjutkan pendidikan S2 Hukum, Najwa Shihab memperoleh beasiswa penuh dari Australian Leadership Awards dan Allison Sudradjat Award dari Pemerintah Australia.

Penghargaan Australian Alumni Award diberikan untuk Najwa atas dedikasinya kepada jurnalisme bermutu dengan fokus pada masalah aktual dan debat politik nasional dengan standar jurnalistik dan profesionalisme yang tinggi.

Najwa Shihab menempuh pendidikan magister-nya dengan mengambil konsentrasi hukum media di Melbourne Law School, Australia.

Simak profil Najwa Shihab berikutnya di halaman selanjutnya yuk, Beauty.

Baca Juga: Soal Pernikahan, Agnez Mo Curcol ke Najwa Shihab: Aku Merasa Direndahkan!

Baca Juga: Dicibir Warganet Akibat Salah Ucap Pancasila, Najwa Shihab Bela Kalista Iskandar

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Yolanda Bonnita