Menu

Mandi Air Dingin Bikin Performa Seksual Meningkat, Mitos atau Fakta? Ternyata Moms...

19 September 2022 20:00 WIB
Mandi Air Dingin Bikin Performa Seksual Meningkat, Mitos atau Fakta? Ternyata Moms...

Ilustrasi mandi air hangat. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Apakah kamu sering mandi air dingin dengan es? Konon katanya, mandi air dingin dengan air es disebut dapat meningkatkan performa seksual. Mitos atau fakta, ya?

Menurut seksolog klinis, rutin mandi es ternyata benar-benar bermanfaat untuk kehidupan seksual Moms dan pasangan. Psikolog sekaligus seksolog klinis yang berbasis di Singapura Dr Oberdan Marianetti menyebutnya dengan terapi dingin dan pernapasan atau hiperventilasi terkontrol.

Dokter Oberdan sendiri telah melakukan mandi di es tersebut setiap hari. Ia mengaku, dirinya mengombinasikan terapi itu dengan yoga dan latihan pernapasan.

"Aktivitas itu memiliki serangkaian manfaat mental dan fisik, termasuk dalam kondisi terbaik bagi usia 49 tahun," kata Oberdan dikutip dari Channel News Asia.

Ia menjelaskan bahwa terapi mandi dingin itu bisa menyehatkan sistem kardiovaskular dan sistem saraf. Kedua itu sangat perpengaruh terhadap pengalaman seksual lebih baik.

"Karena penis dan vulva adalah organ ereksi yang mengandalkan aliran darah yang kuat untuk membesar dan memungkinkan penetrasi terjadi," jelasnya.

Saat tubuh terekspos dengan suhu dingin yang ekstrem, pembuluh darah akan menyempit akibat vasokonstriksi, respons di mana pembuluh darah berkontraksi, terutama di ekstremitas untuk mendorong darah ke organ vital dan kepala agar badan tetap hangat."

Vasokonstriksi terjadi melalui penyempitan serat otot yang terjadi di seluruh tubuh. Seperti otot lainnya, jika tidak cukup digunakan, otot menjadi lemah, dengan potensi kehilangan sebagian fungsinya.

"Pelatihan kardiovaskular ini dapat berkontribusi pada pengalaman seksual yang lebih cepat dan andal secara fisik," katanya.

Terapi tersebut, menurutnya, juga bisa memperbaiki psikologis terkait hubungan seksual.

"Sebagai terapis seks, salah satu keluhan paling umum yang saya lihat pada pria adalah disfungsi ereksi. Itu membuat dampak psikologis yang dapat menyebabkan masalah kepercayaan diri dan harga diri yang mendalam. Jika tidak ditangani, dapat menghancurkan. suatu hubungan," ujarnya.

Apabila berencana mencobanya di rumah, Oberdan merekomendasikan bagi pemula mulai dengan hanya 30 detik di bawah pancuran air dingin. Kemudian beralih ke air panas dan kembali ke air dingin. Lakukan hal tersebut secara berulang hingga beberapa menit.

Dia juga menganjurkan berendam di sumber air dingin alami seperti danau atau laut, jika tersedia. Jika tidak, beberapa menit mandi air dingin di rumah juga bisa jadi alternatif.

Baca Juga: Yuk Rajin Mandi Air Dingin! Ini Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan

Baca Juga: Kebiasaan Saat Mandi Ini Bisa Buat Kamu dalam Masalah Lho! Apa Saja Ya?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.