Menu

Jangan Diam Aja, 4 Masalah Rumah Tangga Ini Gak Boleh Dipendam Sendirian

20 September 2022 10:30 WIB
Jangan Diam Aja, 4 Masalah Rumah Tangga Ini Gak Boleh Dipendam Sendirian

Ilustrasi seorang wanita yang mendapatkan kekerasan secara emosional dari pasangannya. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Bekasi —

Tiap hubungan rumah tangga pasti pernah diterpa konflik dan masalah. Beberapa masalah atau aib rumah tangga juga perlu disimpan sebagai bentuk menghargai pasangan. 

Namun, gak semua masalah rumah tangga harus Moms simpan. Moms juga harus bisa membedakan keadaan dimana harus membela diri dan menjaga diri sendiri. Bukan lagi karena gak menghargai, namun karena yang sudah terjadi sudah di luar batas kesepakatan yang ada.

Lantas, apa saja keadaan yang mengharuskan Moms untuk gak menyikapi masalah rumah tangga sendirian?

1. Pasangan melakukan kekerasan fisik

Ketika pasangan berani melakukan kekerasan fisik, apapun itu, jangan pernah memendamnya sendirian. Apalagi, jika hal tersebut sudah dilakukan berulang kali, dan semakin menjadi-jadi. 

Ketika Moms mendapati kekerasan fisik dari pasangan, segera ceritakan kepada keluarga maupun pihak yang bisa membantumu agar selamat. Kamu harus menyelamatkan diri dan jangan menganggap hal tersebut adalah sebuah hal yang wajar. Di luar sana, banyak orang yang meninggal dunia karena mendapatkan kekerasan dalam rumah tangga.

Jangan merasa malu untuk menceritakan hal tersebut kepada orang lain yang memiliki wewenang. Karena hanya dengan cara itu Moms mendapatkan perlindungan. 

2. Melakukan kekerasan verbal

Kekerasan verbal adalah kekerasan dalam bentuk perkataan atau bahasa tubuh yang secara tidak sadar membuat pasangan merasa direndahkan. Ketika Moms mendapati kekerasan verbal dari pasangan, misalnya saja terus menerus dibentak, dihina, diperbudak, direndahkan, maka Moms jangan hanya bertahan dengan diam.

Moms juga harus berani untuk mengakhiri kekerasan verbal yang ada dalam rumah tanggamu. Kalau Moms merasa gak mampu, maka jangan pernah ragu untuk bercerita kepada orang lain atau orang yang lebih ahli untuk membantumu dari jeratan kekerasan verbal yang terus membuatmu merasa sakit hati dan tersiksa.

Baca Juga: Waduh! Katanya, Tahun Pertama Pernikahan Itu Berat Banget Dijalani Suami Istri, Kenapa Ya?

Baca Juga: Uwu.. Begini Lho Cara Bikin Suami Kangen Setiap Hari sama Kamu, Working Moms Merapat Yuk!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.