Menu

4 Posisi Seks Ini Bisa Hindari Infeksi Saluran Kemih, Apa Saja?

20 September 2022 13:05 WIB
4 Posisi Seks Ini Bisa Hindari Infeksi Saluran Kemih, Apa Saja?

Illustrasi Posisi Seks 68 (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Risiko infeksi saluran kemih (ISK) ternyata bisa terjadi setelah kamu melakukan aktivitas seks lho. Pada semua orang dari segala usia dan jenis kelamin. Namun, umumnya kondisi ini menyerang wanita setelah tidur di malam hari.

Bakteri yang hidup di area gential bisa masuk ke uretra. Bakteri ini juga bisa masuk ke lubang kecil di dekat vagina selama berhubungan seks.

Bakteri berjalan ke kandung kemih dan menyebabkan infeksi yang memicu gejala nyeri saat buang air kecil dan rasa ingin terus buang air kecil. Namun, hal ini bisa diatasi dengan melakukan beberapa posisi seks di bawah ini, diantaranya:

1. Misionaris

Posisi seks misionaris yang sering dilakukan menempatkan uretra wanita dan penis pria berdekatan. Posisi ini semakin membuat bakteri mudah masuk ke uretra, kandung kemih atau ginjal dan akan menimbulkan risiko infeksi. Coba letakkan kaki di atas bahu pasangan ketika berhubungan seks untuk membantu mengurangi risiko ISK.

2. Woman on top

Posisi seks woman on top atau ketika wanita berada di atas pasangan membuat uretra lebih dekat dengan penis. Posisi seks ini membuat gesekan yang sangat tinggi sehingga membuat bakteri penyebab ISK menyebar jauh lebih mudah.

3. Seks anal

Seks anal juga meningkatkan risiko ISK. Pada dasarnya, apa pun yang masuk ke dalam dan di sekitar anus harus dicuci bersih sebelum masuk ke vulva dan vagina. Kamu harus memakai kondom dan sarung tangan lateks ketika menggunakannya untuk mencegah penularan bakteri penyebab ISK.

Baca Juga: Sering Anyang-Anyangan Bisa Jadi Infeksi Saluran Kemih! Yuk Kenali Gejalanya....

Baca Juga: Gak Cuma Orang Dewasa, Anak Juga Bisa Kena Infeksi Salurah Kemih Lho! Ini Gejalanya...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.