Menu

4 Makanan Sehat Ini Bisa Jadi Bahaya untuk Si Kecil Jika Dikonsumsi Berlebihan, Beri Secukupnya Saja Moms!

21 September 2022 06:00 WIB
4 Makanan Sehat Ini Bisa Jadi Bahaya untuk Si Kecil Jika Dikonsumsi Berlebihan, Beri Secukupnya Saja Moms!

Ilustrasi Anak Makan MPASI (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms perlu diingat, semua hal yang berlebihan itu tak baik, sama halnya dengan makanan, meski makanan tersebut dikategorikan sebagai makanan sehat, bisa saja jadi bahaya jika dikonsumsi berlebihan, apalagi bahaya yang mengancam bisa ganggu kesehatan otak anak, serem banget kan Moms!

Untuk itu, ada baiknya Moms mulai membatasi konsumsi makanan-makanan yang berbahaya untuk otak di bawah ini.

1. Tuna

Menurut sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Integrative Medicine, orang yang terlalu sering mengkonsumsi ikan tuna dengan kandungan merkuri tinggi berisiko tinggi mengalami disfungsi kognitif,

Untuk itu, berhati-hatilah dalam memilih ikan tuna dan makanan laut lainnya. Tuna bukan satu-satunya makanan yang berbahaya bagi otak.

2. Sodium (garam)

Sebuah studi di Kanada menemukan bahwa banyak mengkonsumsi garam tanpa disertai aktivitas fisik yang cukup banyak, akan mengakibatkan dampak negatif pada kemampuan kognitif.

Penelitian yang juga telah diterbitkan dalam jurnal Neurobiology of Aging, menemukan bahwa olahraga teratur dapat menangkal efek negatif sodium pada otak, dan sistem kardiovaskular.

3. Tahu

Siapa yang sangka, bahwa tahu ternyata dapat membahayakan kesehatan otak. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Demensia and Geriatric Cognitive Disorders, menyebutkan bahwa asupan tinggi tahu, yaitu 9 porsi lebih perminggu, dapat meningkatkan risiko penurunan kognitif, dan kehilangan memori.

Para peneliti menduga bahwa, fitoestrogen pada tahu mungkin bertanggungjawab terhadap penurunan fungsi otak tersebut. Sebaliknya, para peneliti menemukan bahwa tempe malah dapat meningkatkan kemampuan mengingat seseorang.

4. Lemak jenuh

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal PLoS One menemukan bahwa mengonsumsi lemak trans terlalu banyak dapat menyebabkan seseorang kesulitan mengingat kata-kata.

Studi ini diikuti 1.018 relawan yang mengonsumsi lemak trans mulai dari 3,8 gram - 27,7 gram perhari.  Untuk setiap gram lemak trans yang dikonsumsi setiap hari, peserta mengalami penurunan ingatan sebesar 0,76 kata.

Moms, semoga ulasan tentang makanan yang berbahaya untuk kesehatan otak tersebut bermanfaat. Intinya, segala sesuatu yang berlebihan adalah tak baik.

Baca Juga: Berantas GTM Si Kecil Yuk Moms! Catat Cara Agar Si Kecil Lahap Makan MPASI

Baca Juga: Jangan Asal-asalan, Begini Cara Masak MPASI yang Bisa Memenuhi Kebutuhan Gizi Si Kecil

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di The Asian Parent

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan The Asian Parent. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab The Asian Parent.

Oleh: Ida Umy Rasyidah