Menu

Jadi Generasi Paling Melek Teknologi, Psikolog Ungkap Tantangan Mendidik 'Anak Alpha', Wajib Tahu Banget Nih Moms!

21 September 2022 06:35 WIB
Jadi Generasi Paling Melek Teknologi, Psikolog Ungkap Tantangan Mendidik 'Anak Alpha', Wajib Tahu Banget Nih Moms!

Ilustrasi anak sedang makan sambil menatap layar gadget (Freepik/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Moms, apakah anakmu termasuk generasi alpha? Ya, anak generasi alpha adalah mereka yang lahir mulai tahun 2010 hingga sekarang. Mereka disebut-sebut sebagai generasi paling pintar, lho Moms.

Generasi alpha dapat dikatakan sebagai generasi yang paling akrab dengan kecanggihan teknologi. Di usia yang masih sangat dini, mereka sudah mengenal gawai, ponsel pintar, dan berbagai kecanggihan teknologi lainnya.

Tentu menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua membesarkan generasi alpha. Tak mudah memang membesarkan si kritis yang sangat tertarik dengan teknologi dan gawai ini. Dan menurut Samanta Elsener, M.Psi, selaku Psikolog Anak, setidaknya ada beberapa tantangan yang harus dihadapi orangtua dari anak alpha ini, Moms. Apa saja?

"Umumnya, keunggulan generasi alpha ini melek teknologi, mudah menyelesaikan masalah. Namun sayangnya, mereka lebih suka sendiri, dan kurang melakukan aktivitas fisik," tutur Samanta, saat menjadi narasumber di acara peluncuran susu formula Bistime, di Thamrin Nine, Jakarta, Rabu (20/9/2022).

Lebih jauh, Samanta menuturkan bahwa permasalahan yang paling sering ditemui pada anak-anak generasi alpha pun beragam. Yakni, seperti kurang fokus, kerap kecanduan gadget, dan kurang keterampilan sosial.

Karenanya, Samanta pun mengimbau para orang tua, terutama Moms yang memiliki anak generasi alpha untuk lebih terbuka terhadap pemikiran-pemikiran baru dan tak berpatokan pada pola pikir lama. 

Baca Juga: Pandemi, Ini Tantangan Ibu dalam Mengasuh Anak Menurut Psikolog

Baca Juga: Moms Merapat! Psikolog Ungkap Rahasia Bahagiakan Anak di Tengah Pandemi, Apa Saja?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.