Menu

Moms Mesti Tahu! Jadi Momen yang Paling Bikin Deg-degan, Apa Saja Sih yang Terjadi pada Janin di Usia 1-5 Minggu Kehamilan?

21 September 2022 10:45 WIB
Moms Mesti Tahu! Jadi Momen yang Paling Bikin Deg-degan, Apa Saja Sih yang Terjadi pada Janin di Usia 1-5 Minggu Kehamilan?

Ilustrasi perut kencang saat hamil. (Freepik/yanalya)

HerStory, Jakarta —

Biasanya, pada kehamilan para ibu dan dokter akan menghitung dengan mingguan, bukan bulanan. Hal ini ternyata dilakukan bukan tanpa alasan lho Moms! Biasanya, masa kehamilan yang normal biasanya berlangsung selama 40 minggu atau 9 bulan.

"Karena setiap minggu itu pasti ada perkembangan yang terjadi, baik itu perkembangan janin maupun yang terjadi pada Moms. Maka kita berpatokan usia kehamilan minggu bukan bulan. Secara medis pakai hitungan minggu lebih diutamakan," jelas dokter Jeffry Kristiawan pada kanal YouTube Tanyakan Dokter ditilik pada Rabu (21/9/2022).

Setiap minggu janin selalu tumbuh. Di bawah ini dijelaskan bagaimana pertumbuhan bayi selama 5 minggu pertama dalam kandungan Moms.

1. Usia 1-3 minggu pertama

Sebenarnya tak banyak yang diketahui tentang pertumbuhan saat 1 sampai 3 minggu pertama. Setelah adanya hubungan intim, pembuahan sel sperma menemui sel telur bisa berlangsung sekitar 3 sampai 4 hari atau bahkan lebih lama, tergantung dari kualitas sel sperma dan ketersediaan sel telur.

Pada kondisi ini, ketika sudah terjadi pembuahan, hanya ada satu sel sperma yang bisa membuahi satu sel telur, kecuali kalau terjadi pembuahan kembar.

Setelah itu bakal janin itu akan membelah atau disebut juga zigot dan berkembang jadi embrio yang ukurannya masih sangat kecil.

Itu sebabnya, selama usia janin baru 1 sampai 3 minggu tak banyak hal yang terjadi. Moms juga mungkin belum sadar kalau sedang hamil.

Setelah terjadi pembuahan di saluran tuba, kemudian bakal janin akan dibawa ke rahim agar bisa menempel di dinding rahim.

Tanda kehamilan yang dirasakan biasanya baru nyeri perut bagian bawah, seperti saat ingin menstruasi. Selain itu juga payudara jadi nyari dan agak membesar. Lantaran gejalanya mirip seperti akan menstruasi, Moms masih mengira kalau akan menstruasi.

Baca Juga: Kandungan Skincare Apa yang Aman Digunakan Ketika Sedang Hamil?

Baca Juga: Apakah Ibu Hamil Boleh Mengonsumsi Minuman Berkafein?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.