Menu

Waspada! Dampak Buruk Sunscreen Mulai Tampak, Dokter Kulit Sebut Ada Ancaman Kebotakan

21 September 2022 10:05 WIB
Waspada! Dampak Buruk Sunscreen Mulai Tampak, Dokter Kulit Sebut Ada Ancaman Kebotakan

Wanita sedang mengoleskan sunscreen ke wajahnya. (Pinterest/Skincaredotcom)

HerStory, Jakarta —

Para beauty enthusiast tentunya tak asing dengan sunscreen yang dipercaya sebagai tahapan perawatan kulit wajib yang tak boleh ditinggalkan. Di samping fungsinya untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV, ternyata tabir surya ini memiliki dampak samping terhadap kerontokan rambut.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan kelamin Indonesia (PERDOSKI) Dr. dr. Yulianto Listiawan, Sp.KK(K) mengatakan ada kesalahan umum dalam penggunaan sunscreen yang memicu kerontokan rambut, baik alis maupun rambut depan yang terkena produk ini.

Ia menjelaskan mulai muncul keluhan kerontokan yang ternyata disebabkan oleh kesalahan dalam penggunaan sunscreen. Dokter spesialis kulit dan kelamin yang akrab disapa Dokter Wawan itu menjelaskan bahwa kerap seseorang lupa untuk membersihkan wajah dengan benar usai menggunakan sunscreen.

"Ini mulai kita deteksi (kasus kerontokan akibat sunscreen). Kadang cucinya malas. Langsung templok bedak," ujarnya saat ditemui di di Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (20/9/2022).

Baca Juga: Jangan Sampai Salah Pakai! Ini Bedanya Sunscreen dan Sunblock yang Perlu Kamu Tahu

Baca Juga: Survei: 97% Wanita Enggak Sadar Pentingnya Sunscreen

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.