Menu

Apakah Menstruasi yang Gak Lancar Bikin Wanita Sulit Hamil? Begini Kata Dokter, Simak Yuk Moms!

21 September 2022 14:49 WIB
Apakah Menstruasi yang Gak Lancar Bikin Wanita Sulit Hamil? Begini Kata Dokter, Simak Yuk Moms!

Ilustrasi menstruasi tak teratur. (Freepik/ViDIstudio)

HerStory, Jakarta —

Setiap wanita normalnya akan mengalami proses menstruasi kurang lebih satu minggu. Namun, beberapa wanita mengalami siklus menstruasi yang gak teratur. Nah, banyak beredar rumor di masyarakat yang mangatakan bahawa hai yang tidak teratur akan memengaruhi keseuburan seorang wanita.

Lantas, benarkah mens yang gak teratur bisa berpengaruh terhadap kehamilan? Berikut penjelasan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr. Keven Tali, Sp.OG.

Melansir dari laman Suara, Rabu (21/9/2022), Dokter Keven mengatakan siklus menstruasi bisa mengganggu kesuburan wanita. Apalagi menstruasi yang tak teratur dapat memiliki kemungkinan adanya gangguan pada orang tersebut.

“Jadi makin tidak teratur sikslus haid atau menstruasinya, maka peluang untuk masa suburnya juga susah diprediksi. Ini juga bisa menjadi tanda adanya gangguan yang membuat menstruasinya menjadi tidak lancar,” ucap dr. Keven.

Nah, untuk menentukan kesuburan seorang wanita, salah satunya ditentukan oleh pola atau siklus menstruasinya. Semakin tidak teratur siklus menstruasinya, maka peluang untuk masa suburnya juga susah diprediksi, sehingga kesempatan untuk hamil itu menjadi lebih kecil dibandingkan dengan orang yang mempunyai siklus mens yang teratur.

Dengan catatan, pasangannya juga harus subur ya, Moms. Pasalnya, untuk hamil memerlukan kondisi kedua belah pihak, istri ataupun suami itu dalam keadaan subur.

Baca Juga: Catat! 7 Makanan Bergizi Ini Cocok Buat Bumil Lho!

Baca Juga: Dear Bumil, Catat 5 Manfaat Kurma Ini yang Bisa Bantu Proses Persalinan

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.