Menu

Hati-hati! Golongan Darah Ini Berisiko Tinggi Terkena Serangan Jantung, Cek Golongan Darahmu Segera Moms

21 September 2022 16:20 WIB
Hati-hati! Golongan Darah Ini Berisiko Tinggi Terkena Serangan Jantung, Cek Golongan Darahmu Segera Moms

Ilustrasi seseorang mengalami serangan jantung (Freepik/Jcomp)

HerStory, Jakarta —

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang menakutkan karena bisa meregang nyawa. Kondisi ini terjadi ketika jantung mengalami gangguan. Nah, bentuk gangguannya bermacam-macam, bisa berupa gangguan pada pembuluh darah jantung, katup jantung, atau otot jantung.

Ternyata, golongan darah tertentu juga bisa meningkatkan risiko sakit jantung lho Moms. Hal itu diketahui dari sebuah penelitian yang menemukan adanya hubungan anatara golongan darah dan penyakit jantung.

Melansir dari laman Times of India, sebuah penelitian menemukan bahwa orang dengan golongan darah selain O memiliki risiko menderita jantung koroner 9 persen lebih tinggi, terutama kasus serangan jantung.

Para peneliti membandingkan risiko penyakit jantung pada orang dengan golongan darah A, B, dan O. Hasilnya, orang dengan golongan darah B memiliki risiko serangan jantung 15 persen lebih tinggi ketimbang golongan darah O.

Sementara itu, orang dengan golongan darah A memiliki risiko penyakit jantung 11 persen lebih tinggi ketimbang pemilik golongan darah O.

Para peneliti dalam penelitian tersebut menduga bahwa hubungan anatara golongan darah dan penyakit jantung ini disebabkan oleh risiko pembekuan darah yang dialami masing-masing golongan darah. 

Meski begitu, temuan-temuan tersebut masih perlu dikonfirmasi ulang dan diteliti lebih lanjut. Sudah tahu golongan darahmu Moms? Jika belum, segera cek ya!

Baca Juga: Mengancam Nyawa! Ini Bahaya Serangan Jantung yang Menyerang Usia Muda

Baca Juga: Jangan Keliru! Dokter: Banyak Anak Muda Anggap Gejala Serangan Jantung Sebagai Masuk Angin

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.