Menu

Hati-hati Moms! Sariawan Bisa Jadi Gejala Kanker Lidah Lho, Begini Ciri-cirinya

21 September 2022 17:16 WIB
Hati-hati Moms! Sariawan Bisa Jadi Gejala Kanker Lidah Lho, Begini Ciri-cirinya

Ilustrasi sariawan (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Sariawan bisa dialami siapa saja dan bisa sembuh dalam waktu yang singkat. Tapi, saraiawan juga bisa jadi gejala kamu mengidap penyakit serius lho Moms. Sebut saja kanker lidah.

Sariawan dapat disebabkan oleh salah satu atau kombinasi, seperti cedera tergigit ketika makan, salah gerakan dalam menyikat gigi, infeksi jamur atau bakteri dalam mulut, hingga gangguan penyakit autoimun.

Dokter bedah kanker Mayapada Hospital, dr. Iskandar, Sp.B (K) Onk mengatakan sebenarnya ada ciri tertentu sebagai deteksi dini terhadap keberadaan kanker lidah. Selain durasi luka yang lama untuk sembuh, bentuk luka di lidah juga bisa jadi ciri untuk dideteksi.

"Dua minggu hati-hati kalau tidak sembuh sariawannya," kata dr. Iskandar, dilansir dari Antara, Rabu (21/9/2022).

Luka sariawan biasa umumnya berbentuk bulat atau oval dengan dasar putih kekuningan dan pinggir agak merah karena adanya radang.

Namun, ciri kanker lidah ialah bentuk luka yang tidak beraturan. Biasanya, luka akan mudah berdarah dan rasa sakitnya lebih berat.

"Makin besar luka, makin sakit. Selain benjolan atau ulkus, kadang terdapat benjolan di bawah rahang atau daerah leher akibat pembesaran kelenjar getah bening," ujarnya.

Baca Juga: Masih Banyak yang Belum Tahu, Yuk Kenali Apa Itu Kanker Lidah yang Diidap Almarhumah Ibunda Nunung

Baca Juga: Ibunda Nunung Meninggal Akibat Kanker Lidah, Yuk Ketahui Faktor Penyebabnya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari