Menu

Jangan Heran, Ini 3 Alasan Medis Mengapa Ibu Hamil Sering Rebahan, Salah Satunya Perubahan Hormon

21 September 2022 20:50 WIB
Jangan Heran, Ini 3 Alasan Medis Mengapa Ibu Hamil Sering Rebahan, Salah Satunya Perubahan Hormon

Ilustrasi ibu hamil malas gerak. (Freepik/cookie_studio)

HerStory, Bandung —

Hamil merupakan salah satu hal yang mmebuat tubuh seorang wanita mengalami banyak perubahan. Tak hanya secara fisik, tetapi juga secara hormon. 

Mungkin ada ibu hamil yang merasa lebih lelah dan lebih sering tidur. Nah, ternyata hal ini juga bisa diketahui secara medis mengapa ibu hamil lebih sering rebahan. Lalu, apa saja penyebabnya? Yuk, bumil simak artikel berikut ini!

1. Efek Perubahan Hormon

Saat hamil, kadar hormon progesteron akan meningkat. Hormon tersebut penting untuk keselamatan janin karena salah satu fungsinya menjaga kandungan tetap kuat.

Namun kenaikan hormon progestoron juga bisa memicu beberapa efek samping, salah satunya tubuh jadi gampang lelah dan masalah pencernaan lainnya.

2. Perubahan Tubuh

Hamil juga akan mengubah berat badan, di mana ukuran perut akan ikut membesar. Efek sampingnya, tubuh jadi sering pegal-pegal, kemudian tidur serba tidak nyaman. Gak heran kalau ibu hamil sering merasa kelelahan karena kurangnya waktu tidur yang dimiliki.

3. Merasa Cemas Jelang Persalinan

Perasaan cemas biasanya lebih sering terjadi pada wanita yang baru hamil anak pertama. Rasa cemas menjelang persalinan terjadi ketika hamil sudah masuk trimester ketiga.

Apabila itu terjadi terus menerus bisa menggangu waktu tidurnya. Akibatnya, tubuh kurang beristirahat dan jadi mudah lelah.

Baca Juga: Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak, Blackmores Hadir Penuhi Kebutuhan Ibu Hamil

Baca Juga: 4 Jenis Ikan yang Baik untuk Ibu Hamil, Bagus untuk Kecerdasan Janin

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.