Menu

Viral Bersihkan Wajah Pakai Antiseptik, Dokter Kulit Beri Anjuran Begini: Boleh, tapi…

21 September 2022 21:30 WIB
Viral Bersihkan Wajah Pakai Antiseptik, Dokter Kulit Beri Anjuran Begini: Boleh, tapi…

Membersihkan wajah dengan air. (Pinterest/skincaredotcom)

HerStory, Jakarta —

Belakangan ini beredar di media sosial tentang tips membersihkan wajah menggunakan antiseptik. Seorang TikToker dengan akun @permestadhyaz mengaku telah menggunakan sabun antiseptik khusus wajah untuk mengatasi permasalahan jerawat pada kulitnya.

"Dari 2 tahun yang lalu pakai ini, jerawatku full sembuh. Mungkin yang lagi jerawatan bisa kebantu pakai ini. Ini dipakainya 15 detik sebelum cuci muka," ungkapnya dalam konten video tersebut.

Antiseptik sendiri merupakan bahan yang ampuh untuk mengatasi infeksi. Namun, kandungan tersebut bersifat iritan dan dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembaban alaminya hingga kekeringan.

DR. dr. M. Yulianto Listiawan Sp.KK(K), FINSDV, FAADV Ketua umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) atau akrab disapa dr. Wawan memberikan tanggapan terkait antiseptik untuk wajah yang viral belakangan ini. Ia menegaskan bahwa setiap penggunaan produk pembersiha atau kecantikan harus disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing.

"Boleh atau tidak boleh menggunakan antiseptik itu tergantung kulitnya, kalau kulitnya kuat, berminyak dan gak sensitif, boleh," terang dr. Wawan saat dijumpai oleh Herstory di kawasan Kuningan Jakarta Selatan, Selasa (20/9/2022).

Ia menegaskan bahwa permasalahan jerawat berada di bawah struktur kulit. Oleh karena itu, produk antiseptik tak mampu mencapai titik permasalahan yang ada.

"Boleh atau tidak boleh menggunakan antiseptik itu tergantung kulitnya, kalau kulitnya kuat, berminyak dan gak sensitif, boleh," lanjutnya.

Baca Juga: Ini Langkah Tepat untuk Memoles Riasan Make up pada Kulit Wajah Berjerawat

Baca Juga: Kulit Rentan Berjerawat? Ini Cara Pilih Sunscreen yang Tepat

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.