Menu

Lekat dengan Gadget, Kata Psikolog Begini Pola Asuh yang Tepat untuk Generasi Alpha, Salah Satunya Jangan Membentak!

22 September 2022 10:05 WIB
Lekat dengan Gadget, Kata Psikolog Begini Pola Asuh yang Tepat untuk Generasi Alpha, Salah Satunya Jangan Membentak!

Anak-anak yang sedang bermain gadget (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, dunia kini mulai kehadiran satu generasi baru, yaitu generasi alpha yang disebut-sebut sebagai anak dari generasi milenial. Ya, rata-rata generasi milenial kini sudah menjadi orang tua dan generasi Z masuk dalam fase dewasa muda. Nah, karena lingkungannya tak seperti generasi sebelumnya, pola asuh anak-anak generasi alpha ini pun memiliki tantangan tersendiri, Moms.

Terkait hal itu, Psikolog anak, Samanta Elsener, menyebut bahwa generasi alpha ini adalah anak-anak dengan tingkat kecerdasan yang tinggi. Mereka cenderung cerdas dan kritis, bahkan kecerdasan generasi alpha sangat tinggi dan melampaui generasi sebelumnya.

"Anak-anak generasi alpha ini IQ-nya di atas rata-rata. Jadi, hal itulah yang akhirnya mendorong orang tua menyekolahkan anaknya lebih cepat. Mereka cenderung bisa lebih cepat menyelesaikan masalah, kreatif. Tapi kekurangannya, mereka suka keasyikan sendiri, karena terpapar gadget," papar Samanta, saat acara peluncuran susu formula Biostime, di Thamrin Nine Ballroom Jakarta, baru-baru ini.

Samanta lebih lanjut mengatakan bahwa penelitian terbaru telah banyak mengungkap saran penggunaan gadget pada anak. Jika sebelumnya penelitian menganjurkan anak 'dijauhkan' dari gadget, sekarang para ahli justru menyarankan anak mengenal gadget saat umurnya di atas dua tahun sampai lima tahun, dengan syarat mereka harus tetap dibatasi waktu ketika menggunakan gadget dan wajib dalam pengawasan orang tua.

Samanta juga menuturkan, anak yang tak diawasi saat bermain gadget dapat memberikan dampak buruk. Sebab, gadget sendiri adalah sarana komunikasi satu arah. Itu akan membuat anak mengalami masalah, terutama dalam kemampuan sosialnya.

“Anak-anak saat ini memang lebih cerdas terutama dalam menggunakan gadget, tapi harus diawasi karena gadget itu komunikasi satu arah. Hal tersebut membuat anak memiliki masalah dalam komunikasi sosial, seperti speech delay, susah ngomong, dan lain-lain,” imbuh Samanta.

Baca Juga: Hati-hati! Penggunaan Handphone Terlalu Sering Bisa Buat Kamu Sulit Tidur

Baca Juga: Gawat Nih! Efek Cahaya Biru di Gawai Kamu ternyata Bisa Berbahaya untuk Kesehatan Kulitmu. Kok Bisa Ya?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.