Menu

Waspada, Terlalu Sering Konsumsi Makanan Pedas Ternyata Bisa Sebabkan 6 Penyakit Ini, Bahaya!

22 September 2022 12:15 WIB
Waspada, Terlalu Sering Konsumsi Makanan Pedas Ternyata Bisa Sebabkan 6 Penyakit Ini, Bahaya!

Ceker Mercon (Sumber/Shutterstock)

HerStory, Bandung —

Makanan pedas kini memang menjadi rasa yang paling dicari oleh setiap orang ketika makan. Sensasi pedas yang membuat makan terasa lebih nikmat pun membuat orang semakin dapat menikmati makanannya.

Namun, kelebihan mengonsumsi makanan pedas juga sebenarnya tidak baik untuk tubuh lho. Kamu bisa merasakan mulas sesaat setelah mengonsumsi makanan pedas. Selain mulas ternyata ada 6 penyakit yang bisa kamu rasakan kalau mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan. Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak artike berikut ini!

Nyeri Perut

Penyakit yang pertama kali muncul saat kamu mengonsumsi makanan pedas adalah nyeri perut. Hal ini bisa terjadi terlebih jika kamu memiliki maag, makan makanan pedas bisa memicu naiknya asam lambung. 

Ini karena mengonsumsi cabai terlalu banyak bisa membuat dinding lambut iritasi. Inilah yang memicu naiknya asam lambung secara cepat. Itulah alasan mengapa perut terasa nyeri setelah mencicipi makanan pedas.

Perut Mulas

Beberapa orang akan merasakan mulas setelah makan-makanan pedas. Hal ini karena makan makanan pedas dapat mempercepat gerakan di usus yang mempermudah terjadinya diare. Saat makanan pedas sampai di usus besar, efek iritasinya bisa langsung terasa. Kemudian, tubuh akan mengirim lebih banyak air ke usus, sehingga memudahkan feses keluar dari usus besar. 

Gastritis (Maag Akut)

Bahaya makan pedas terlalu banyak atau terlalu sering adalah dapat menyebabkan rapuhnya permukaan lambung, sehingga lambung menjadi mudah terluka. Karena itu, terlalu banyak makanan jenis ini bisa memicu terjadinya gastritis atau maag akut akibat terjadinya peradangan pada lapisan lambung. Gejala penyakit ini adalah mual, muntah, perut kembung, dan diare.

Baca Juga: Sederetan Makanan Kekinian Ini Bisa Membahayakan Kesehatan Kamu Lho, Ada Kesukaanmu?

Baca Juga: Wow! Memakan Makanan Pedas Ternyata juga Memiliki Manfaat Lho!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.