Menu

Beauty, Ini 5 Cara Mengetahui Kondisi Miss V, Punyamu Sehat atau Gak?

22 September 2022 15:00 WIB
Beauty, Ini 5 Cara Mengetahui Kondisi Miss V, Punyamu Sehat atau Gak?

Kesehatan vagina. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Vagina atau miss V merupakan organ reproduksi wanita yang berperan penting untuk pembuangan urine, darah menstruasi, berhubungan intim, hingga proses persalinan.

Pentingnya peran miss V membuat para wanita harus lebih berhati-hati dengan kesehatannya. Sudah tahu belum bagaimana cara mengetahui kondisi miss V?

Melansir dari berbagai sumber (22/9/2022), berikut ini beberapa cara mengetahui kondisi miss V sehat atau enggak. Yuk, simak baik-baik ya, Beauty!

Gatal

Miss V yang terasa sangat gatal atau gatal kronis merupakan salah satu tanda bahwa sesuatu dalam spektrum kesehatan vagina enggak benar.

Sementara itu, dorongan untuk menggaruk mungkin hanya dipicu oleh reaksi alergi terhadap sabun atau mencuci tubuh, itu juga bisa menjadi petunjuk untuk berbagai kondisi, seperti vaginosis bakteri, infeksi jamur, atau infeksi menular seksual (IMS) trikomoniasis.

Aroma

Aroma atau bau pada miss V juga bisa menandakan sehat atau enggak. Bau miss V bisa dipicu oleh banyak hal, seperti pilihan pakaian dalam dan banyaknya keringat wanita.

Namun, seharusnya enggak pernah berbau busuk atau buruk, jadi setiap perubahan harus diperhatikan. Aroma yang benar-benar menyengat dan enggak enak bisa jadi tanda infeksi.

Baca Juga: Gatal di Area Miss V Saat Menstruasi? Bisa jadi Kamu Alergi Pembalut, Beauty!

Baca Juga: Menghindari Iritasi, Pentingnya Pakai Menstual Cup!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.