Menu

Jangan Terlalu Dilarang, Ini Cara Atur Pemakaian Gadget yang Baik Menurut Psikolog

22 September 2022 15:20 WIB
Jangan Terlalu Dilarang, Ini Cara Atur Pemakaian Gadget yang Baik Menurut Psikolog

Anak laki-laki sedang bermain gadget. (Unsplash/Hal Gatewood)

HerStory, Bandung —

Di era yang serba digital ini tak dapat dipungkiri bahwa anak-anak sulit dijauhkan dari gadget. Penggunaan gadget bagi anak-anak pun seharusnya dapat diawasi orang tua apalagi jika usia anak terbilang belum cukup.

Nah, ternyata penggunaan gadget pada anak saat ini tak dapat lagi dilarang melainkan orang tua yang harus mengatur waktu tersebut. Ini diakarenakan anak yang tidak diawasi saat bermain gadget dapat memberikan dampak buruk. Hal ini karena anak-anak menggunakan gadget sebagai komunikasi satu arah. Itu akan membuat anak mengalami masalah, terutama dalam kemampuan sosialnya.

Adanya permasalah tersebut yang menjadi alasan penting mengapa orang tua harus turut andil, tidak hanya mengawasi tetapi juga sarana komunikasi. 

Orang tua dapat bertanya atau menjelaskan sesuatu yang dilihat anak di dalam gadgetnya. Hal tersebut juga akan mendorong tingkat kecerdasan anak.

Selain berbicara dengan anak secara langsung, orang tua juga bisa memberikan tayangan yang interaktif. Hal tersebut akan mendorong anak melakukan interaksi dengan hall yang ditontonnya. Dengan begitu, kemampuan komunikasi anak juga tetap akan terlatih.

Selain mengawasi, orang tua juga tetap harus bisa membatasi penggunaannya. Ketika anak sudah berlebihan dan sulit dilarang, orang tua harus bisa mencari cara agar anaknya berhenti.

Namun, perlu diingat Moms, orang tua tak boleh membentak.Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mencoba pendekatan secara baik serta jelaskan mengapa anak tersebut harus berhenti. Ketika hal tersebut disampaikan dengan baik, anak akan mencoba memahami orang tua dan berhenti bermain gadgetnya.

Baca Juga: Anak Susah Lepas dari Gadget? Coba 5 Cara Ini untuk Atasi Si Kecil yang Kecanduan

Baca Juga: Detoksifikasi Gadget: Trik Jitu Biar Anak Gak Tantrum dan Kecanduan, Seperti Apa?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.