Konflik dengan mertua, tentunya menjadi hal yang tak bisa dihindari setelah menikah. Hal ini sebenarnya wajar, karena istri masih perlu banyak menyesuaikan diri dengan nilai-nilai keluarga suaminya.

Hubungan antara menantu dan mertua termasuk sulit. Perbedaan pendapat seringkali menjadi penyebab terjadinya masalah dan perselisihan dengan mertua. Bahkan, efeknya bisa bikin hubungan suami istri jadi renggang. Merangkum dari berbagai sumber, Selasa (20/10/2020) berikut tips mengatasi pertengkaran dengan ibu mertua.

1. Jaga nada suara saat berbicara

Hindari sebisa mungkin meninggikan nada suara, apalagi sampai berteriak saat berselisih dengan mertua. Apabila hal itu sampai terjadi, mertua bisa menjadikannya sebagai ‘senjata’ untuk membuat istri merasa bersalah. Hal ini justru akan memperburuk situasi dan membuat masalah yang sudah ada semakin besar. Jika ingin bersikap tegas, cobalah untuk merangkai kata yang lebih sopan namun tetap sampaikan dengan nada suara yang rendah. 

2. Pahami Bahwa Mereka Semakin Tua

Banyak ibu mertua yang memicu konflik karena merasa bahwa dirinyalah yang paling mengerti kebutuhan si anak, sehingga mereka sering ngomel jika menantu perempuannya dianggap tidak becus, padahal istri sudah melakukan hal terbaik. Jika sudah begini, sabarlah dan pahami bahwa mereka makin tua. Makin tua usia seseorang, mereka sering dikejar ketakutan akan ditinggal, hidup sendiri dan sakit. Mayoritas ibu mertua lebih sering menyulut emosi hanya karena merasa tak diperhatikan.

3. Cari tahu penyebab masalah pertengkaran

Saat ada pertengkaran dengan mertua, selalu identifikasi pemicu masalahnya. Hindari langsung sepenuhnya menyalahkan mertua atau bahkan suami. Pikirkan terlebih dahulu apa sebenarnya yang membuat mertua bersikap atau berkata demikian. Mungkin sebelumnya pernah ada sikap atau ucapan yang menyinggung mertua. Bisa juga karena memang sudah bawaan mertua memiliki sikap yang suka mengkritik siapa saja. Pahamilah sifat dasar dan perilaku mertua. Tetap tenang dan hindari sebisa mungkin situasi yang bisa membuat mertua bersikap negatif.

Baca Juga: Catat! Begini 3 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengurangi Risiko Perceraian!