Menu

9 Tips Renovasi Rumah dengan Biaya yang Hemat

22 September 2022 14:16 WIB
9 Tips Renovasi Rumah dengan Biaya yang Hemat

Ilustrasi seorang wanita memegang uang. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Kali ini kita sedikit membahas beberapa tips renovasi rumah hemat biaya. Renovasi rumah terkadang kita lakukan sebagai upaya perbaikan dan perawatan terhadap rumah agar tetap dalam kondisi baik dan bagus. Atau, Kamu kurang sesuai dengan desain rumah yang baru Kamu beli, baik rumah seken atau di perumahan.

Intinya, upaya penyesuaian terhadap kebutuhan yang ada saat ini. Sehingga perlu perencanaan renovasi rumah hemat biaya untuk mengamankan keuangan Kamu.

Bisa jadi Kamu memerlukan biaya renovasi rumah yang cukup banyak, terutama jika Kamu tidak membuat perencanaan yang baik sehingga bisa mengganggu kondisi keuangan Kamu.

Ada beberapa tips renovasi rumah hemat biaya yang bisa bermanfaat ketika Kamu berencana merenovasi rumah Kamu.

1. Manfaatkan Bahan Bangunan Yang Masih Bisa Digunakan

Bahan material yang diperlukan untuk membangun rumah tidak perlu Kamu membeli semuanya. Manfaatkan bahan bangunan rumah yang tidak terpakai untuk menghemat biaya renovasi rumah Kamu. Poles ulang material yang terlihat kurang menarik.

Penggunaan material lama juga mempersingkat waktu pengerjaan. Karena Kamu atau tukang renovasi Kamu tidak perlu repot-repot mencari dan berbelanja ke toko material. Hal ini diterapkan oleh teman desainer saya, Mas Arga, saat merenovasi rumah salah satu kliennya. Kamu bisa lihat contohnya di sini.

2. Jasa Bangun Rumah Yang Direkomendasikan

Jangan sungkan bertanya kepada saudara, teman, tetangga yang pernah atau sedang menggunakan jasa tukang bangunan. Atau ketika saat Kamu dalam perjalanan melihat pekerjaan pembangunan atau renovasi rumah, temui pemilik rumah dan bertanyalah.

Terkadang tukang bangunan asal daerah tertentu secara umum memiliki karakter dan etos kerja yang lebih bagus dibandingkan daerah lainnya. Tidak jarang juga mereka memberikan tips supaya dalam renovasi rumah bisa menghemat biaya.

Begitu pula dalam merencanakan renovasi rumah Kamu. Nasehat dari konsultan seperti desainer dan arsitek akan sangat membantu Kamu.

Memang, Kamu akan mengeluarkan biaya lagi, akan tetapi hal itu akan sebanding dengan hasil akhirnya nanti. Dan… tujuan Kamu dalam menghemat biaya renovasi rumah bisa tercapai.

Baca Juga: Beauty, Catat! Ini 5 Ide Dekorasi Kamar Aesthetic dengan Budget Minimalis

Baca Juga: Suka Bikin Salah Sangka, Ternyata Pelit dan Hemat Jelas Berbeda Lho!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman:

Share Artikel:

Oleh: Clara Aprilia