Menu

Beauty Hobi Makan Nasi Padang? Hati-hati Penyakit Ini Siap Mengintaimu

22 September 2022 14:32 WIB
Beauty Hobi Makan Nasi Padang? Hati-hati Penyakit Ini Siap Mengintaimu

Nasi ulam (Instagram/@yuli_susie)

HerStory, Jakarta —

Apakah Moms hobi makan nasi padang? Ya, makanan khas Sumatera Barat ini memang banyak digemari masyarakat. Sayangnya, masakan padang memiliki kadar purin yang tinggi Moms.

Purin yaitu hasil merabolisme protein yang bisa membentuk kristal asam urat dan bisa menumpuk pada sendi-sendi tangan serta ginjal/saluran kencing. 

"Masakan khas Minang pada umumnya mengandung protein tinggi. Hal ini diduga dapat meningkatkan purin yang menyebabkan kadar asam urat dalam darah berlebih," kata Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas (Unand) Padang Prof Rina Yenrina, Kamis, (22/9/2022).

Prof Rina memaparkan prevalensi penyakit yang disebabkan asam urat di Indonesia pada penduduk usia di bawah 34 tahun mencapai 32 persen dan usia di atas 34 tahun sebanyak 68 persen.

Di Sumatera Barat, prevalensi penyakit sendi pada 2013 mencapai 12,7 persen, bahkan Dinas Kesehatan Padang mengungkap asam urat masuk 10 penyakit terbanyak. Berdasarkan penelitian yang dilakukannya, masakan Padang yang memiliki kadar purin tinggi yaitu gulai tambunsu atau usus, ikan pangek padeh, belut goreng, ayam rendang, ikan bakar dan rendang daging.

Baca Juga: Penderita Asam Urat Merapat! 3 Makanan Ini Patut Dihindari Ya!

Baca Juga: Jangan Keliru! Ini Perbedaan Kolesterol dan Asam Urat

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari