Menu

Gejala Penyakit Jantung yang Gak Banyak Orang Tahu, Nomor Empat Malah Sering Disepelekan, Cek Moms!

22 September 2022 15:30 WIB
Gejala Penyakit Jantung yang Gak Banyak Orang Tahu, Nomor Empat Malah Sering Disepelekan, Cek Moms!

Ilustrasi serangan jantung. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit dengan kematian tertinggi di Indonesia. Melansir dari laman Kementerian Kesehatan RI, penyakit jantung masih menjadi ancaman di Indonesia bahkan dunia.

Oleh sebab itu, semua orang wajib tahu gejala penyakit jantung. Sehingga jika terjadi tanda-tandanya, kamu bisa segera mengatasinya. Apa saja? Langsung aja yuk simak ulasan berikut ini.

1. Nyeri dada

Tanda ini hampir ditemui pada semua jenis penyakit jantung ,seperti penyakit jantung koroner, infeksi otot jantung (miokarditis), infeksi selaput jantung (perikarditis), dan rusaknya katup jantung.

Nyeri dada akibat penyakit jantung ciri-cirinya terjadi berulang dengan sensasi yang sama, dirasakan 5 hingga 19 menit sekali, rasa nyeri berkurang dengan istirahat dan obat-obatan.

Nyeri bisa menjalar ke leher, lengan, punggung disertai keringat dingin. Rasanya seperti dada diremas atau ditimpa beban. Pada wanita rasa nyeri digambarkan sesak, mati rasa, menimbulkan sensasi terbakar.

2. Detak jantung tak beraturan

Detak jantung tidak teratur biasanya disertai dengan ciri-ciri lainnya, seperti pusing, nyeri dada, sesak napas, hingga tubuh terasa goyah. Jika kamu mengalami hal ini, segera minta pertolongan ke petugas medis ya Moms.

Baca Juga: Bagi Penderita Penyakit Jantung Ini Hal yang Perlu Kamu Tahu Mengenai Virus Corona, Waspada Ya!

Baca Juga: Pola Tidurmu Berantakan? Hati-hati, Kebiasaan Itu Bahaya untuk Jantung!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.