Menu

Program AKSI Perempuan Didukung 3 Kementerian, Tjufoo Targetkan 5.000 Womenpreneur Indonesia Siap Naik Kelas, Keren!

22 September 2022 15:56 WIB
Program AKSI Perempuan Didukung 3 Kementerian, Tjufoo Targetkan 5.000 Womenpreneur Indonesia Siap Naik Kelas, Keren!

Para pembicara di acara Kick Off AKSI Perempuan, Kamis (22/9/2022). (Istimewa/Edited By HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, peran perempuan sangat penting bagi pemulihan perekonomian yang saat ini terpuruk akibat pandemi Covid- 19, terutama di bidang usaha. Terlebih saat ini telah terjadi peningkatan terhadap peran pemimpin perempuan dalam bisnis. 

Namun sayangnya, peran pemimpin perempuan dalam bisnis masih terbilang stagnan. Karenanya, dibutuhkan dukungan bagi para perempuan agar dapat memulai bisnis, menjadi pemimpin, serta membangun dampak sosial dan lingkungan positif melalui usaha mereka. 

Dukungan tersebut dapat diberikan dalam bentuk program pemberdayaan perempuan yang dapat membantu mereka beradaptasi hingga mampu menjadi pemimpin dan pembawa perubahan bagi lingkungannya. Salah satunya, lewat program bertajuk Akselerasi Bisnis (AKSI) Perempuan.

Melalui kick-off pada hari ini, program AKSI Perempuan pun memperkuat komitmen brand aggregator Tjufoo dalam mendukung peran kepemimpinan perempuan di dunia bisnis. Program yang hadir lewat kolaborasi dengan platform community Stellar Women sebagai mitra pelaksana ini memberi peluang inkubasi bagi bisnis-bisnis yang dirintis perempuan Indonesia. Ada pula kesempatan memenangkan pendanaan hingga miliaran rupiah.

Semakin signifikannya peran womenpreneur dalam menyokong perekonomian nasional menjadi latar belakang dari program AKSI Perempuan. Sebagian besar UMKM di Indonesia digerakkan perempuan. Meski begitu, masih terdapat sejumlah tantangan yang dihadapi perempuan dalam berbisnis, di antaranya peran dalam keluarga, stigma sosial, akses pelatihan kewirausahaan, dan akses permodalan. 

“Mendorong partisipasi aktif perempuan dalam ekonomi akan mampu menaikkan pendapatan negara secara signifikan. Maka dari itu, saya menegaskan bahwa pemulihan ekonomi dalam menghadapi krisis akibat pandemi Covid-19 yang memperhatikan pengarusutamaan gender dan pemberdayaan perempuan adalah sebuah keharusan, bukan pilihan,” ujar Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menteri PPPA), RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, dalam sambutannya, saat acara Kick Off Aksi Perempuan, yang digelar secara virtual, Kamis (22/9/2022).

Lebih lanjut,  Menteri PPPA pun mengaku sangat mengapresiasi hadirnya Tjufoo berkolaborasi dengan Stellar Women yang hari ini meluncurkan AKSI Perempuan. 

“Kerja-kerja kolaborasi seperti inilah yang dapat mengantar langkah kaki perempuan Indonesia untuk lebih cepat meningkatkan potensinya dan mencapai ketahanan ekonomi,” sambungnya.

Menteri PPPA juga pun menegaskan bahwa kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan adalah sebuah keharusan dalam mencapai pemulihan ekonomi.

Baca Juga: Sambut Hari Perempuan Nasional, HeForShe Run 2020 Hadir Demi Dukung Kesetaraan Gender

Baca Juga: Stereotip Gender, Bagaimana Harus Melawan?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: