Bayi umumnya memiliki kulit yang sensitif. Inilah yang menjadi alasan perlunya perawatan ekstra dalam merawat kulit bayi termasuk kulit kepala. Jika perawatan pada kulit kepala tak dilakukan secara maksimal, hal ini akan membuat bayi berisiko mengalami cradle cap atau ketombe bayi.

Untuk menghindari ini, penting bagi Moms mengetahui cara tepat merawat rambut bayi. Hmm, gimana ya caranya? Melansir dari Parenting Orami (21/10/20), ini dia tips merawat rambut dan kulit kepala si bayi agar selalu sehat. Yuk, discroll, Moms!

1. Perhatikan penggunaan sampo

Seperti yang sudah diketahui bahwa kulit bayi sangat sensitif. Untuk itu Moms perlu memperhatikan saat memakaikan sampo untuk bayi. Perhatikan formula yang terkandung dalam sampo tersebut dan pastikan aman di kepala bayi. Gunakan formula yang lembut dan cuci rambut bayi 2-3 kali seminggu.

2. Berikan pelembab untuk kulit kepala bayi

Jika bayi memiliki kulit kepala yang sangat kering, berikanlah pelembab pada kulit kepala bayi. Gunakan sebelum mencuci rambut bayi. Cukup oleskan pelembab atau tetesi minyak mineral pada kulit kepala bayi tunggu hingga beberapa menit atau beberapa jam sampai pelembab menyerap secara maksimal. Lalu cucilah rambut bayi.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Keramas? Kenali Dulu Tipe Rambutmu dan Simak Penjelasannya!