Menu

Jangan Buru-buru, 5 Tanda Kamu Sebenarnya Belum Siap Menikah

23 September 2022 09:50 WIB
Jangan Buru-buru, 5 Tanda Kamu Sebenarnya Belum Siap Menikah

Illustrasi Gagal Nikah (iStockphoto)

HerStory, Bekasi —

Belakangan ini marak tren menikah muda, sehingga banyak orang juga yang jadi ingin dan bahkan ikut-ikutan menikah muda. Padahal, menikah bukanlah hal yang mudah dan dapat dipermainkan.

Menikah adalah komitmen seumur hidup, sebuah janji di hadapan Tuhan yang gak bisa dianggap sepele seperti pacaran yang bisa putus kapan saja. Oleh karena itu, pernikahan harus dipikirkan matang-matang. Jika kamu atau pacarmu masih seperti ini, sebaiknya tunda dulu untuk menikah.

1. Kesulitan mengontrol emosi

Emosi adalah bagian gak terpisahkan dari manusia. Namun, bukan berarti semua tindakan yang didasarkan oleh emosi bisa dibenarkan. Jika kamu atau pacarmu masih sering lepas kontrol ketika marah, seperti otomatis mengeluarkan kata-kata kasar, membentak, atau bahkan memukul dan membanting barang, sebaiknya belajarlah untuk mengendalikan diri terlebih dahulu.

Pernikahan jelas gak mudah, dan akan ada banyak rintangan yang harus dihadapi. Jika sekarang kamu atau pacarmu masih kesulitan untuk menghadapi masalah dengan bijak, akan semakin sulit untuk ke depannya ketika kalian memutuskan untuk memiliki anak.

2. Masih memiliki suatu trauma

Bukan berarti orang dengan trauma gak boleh menikah. Namun, trauma sudah pasti memengaruhi hubungan dengan orang lain, termasuk dengan pasangan, sehingga sebaiknya pastikan bahwa pasangan sudah siap dengan segala konsekuensinya.

Usahakan untuk menjalani terapi atau konseling untuk mengatasi trauma sebelum menikah, dan libatkan pula pasangan agar ia juga mengerti bagaimana caranya ia bisa membantu.

3. Terlalu berekspektasi tinggi

Seringkali kita kecewa karena kita memasang ekspektasi yang terlalu tinggi setelah menikah. Mungkin kita membayangkan pernikahan akan selalu menyenangkan, mesra, dan membahagiakan, seperti yang ditunjukkan di berbagai sosial media. 

Padahal pernikahan bukan hanya soal pacaran halal dengan pasangan saja. Menyatukan dua orang yang berbeda tidak akan mudah. Akan selalu ada perbedaan pendapat, tingkah laku, kebiasaan, dan lain-lain. Bukan tidak mungkin suatu saat nanti, setelah beberapa lama menghabiskam waktu bersama pasangan, kamu akan merasa kecewa karena ternyata pasanganmu tidak seperti yang kamu harapkan.

Baca Juga: Ini 5 Tanda Kalau Sebenarnya Kamu Belum Siap Menikah

Baca Juga: Pacaran Sudah Lama Tapi Pasanganmu Belum Mengajak Kamu Menikah? Coba Simak Alasan di Sini!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.