Menu

Bisa Ganggu Kesehatan Janin, Ini 4 Jenis Buah yang Dilarang untuk Ibu Hamil! Catat Moms, Mending Jauhkan!

23 September 2022 11:25 WIB
Bisa Ganggu Kesehatan Janin, Ini 4 Jenis Buah yang Dilarang untuk Ibu Hamil! Catat Moms, Mending Jauhkan!

Illustrasi Ibu Hamil Buka Puasa (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Buah-buahan memang sangat bagus dikonsumsi untuk masa kehamilan. Namun ternyata, konon ada beberapa buah yang sangat bahaya apabila dikonsumsi oleh ibu hamil bahkan bisa menyebabkan keguguran!

Pasalnya, asupan makanan apa pun yang dimakan oleh ibu hamil dapat memengaruhi kesehatan dan janin dalam kandungannya. Meskipun demikian, ada saja yang mengatakan bahwa sebagian buah memang tak aman dikonsumsi di masa kehamilan.

Seperti dirangkum dari Sehatq, berikut ini adalah empat jenis buah yang dilarang dikonsumsi untuk ibu hamil karena dinilai berbahaya bagi kesehatan. 

1. Nanas

Buah nanas adalah buah yang dianggap dapat menggugurkan kandungan. Pasalnya, buah ini dapat menyebabkan kontraksi rahim sehingga keguguran dapat terjadi. 

Kemudian buah ini mengandung zat bromelain yang diklaim dapat melunakkan serviks dan menyebabkan persalinan dini. Meskipun, anggapan buah nanas dapat menggugurkan kandungan masih belum terbukti secara ilmiah.

2. Asam jawa

Asam jawa sebenarnya buah yang aman-aman saja apabila dikonsumsi oleh ibu hamil, namun buah ini dapat menimbulkan risiko kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. 

Pasalnya, kandungan vitamin C dalam asam jawa ini dapat menyebabkan produksi hormon progesteron tertahan.  Alhasil, kadar progesteron yang rendah ini dapat membuat keguguran dan kerusakan sel pada janin. Mungkin alasan inilah yang menyebabkan asam jawa menjadi buah yang dilarang dikonsumsi bagi ibu hamil muda. 

Baca Juga: Kandungan Skincare Apa yang Aman Digunakan Ketika Sedang Hamil?

Baca Juga: Apakah Ibu Hamil Boleh Mengonsumsi Minuman Berkafein?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.