Menu

Katanya 5 Makanan Ini Berpotensi Bisa Cegah Kanker Payudara, Benar Enggak Ya?

02 Maret 2020 14:20 WIB
Katanya 5 Makanan Ini Berpotensi Bisa Cegah Kanker Payudara, Benar Enggak Ya?

Bahan makanan sehat. (Unsplash/Katie Smith)

HerStory, Jakarta —

Beauty, pastinya kamu sudah tahu dong kalau kanker payudara merupakan jenis penyakit mematikan di dunia? Apalagi rentan banget diderita oleh wanita.

Kanker payudara sendiri merupakan sel kanker yang berasal dari slauran susu, kelenjar susu, maupun jaringan ikat di dalam payudara. 

Meski mencegah kanker payudara bukanlah suatu hal yang mustahil, Beauty bisa melakukan pencegahan dengan mengubah pola hidup lebih sehat. Salah satu cara mengubah pola hidup sehat ialah mengonsumsi makanan-makanan yang sehat pula. 

Beauty, berikut ini HerStory rangkum makanan apa saja yang bisa mencegah terjadinya Kanker payudara, seperti yang dikutip dari berbagai sumber, Senin (2/3/2020):

Baca Juga: Mengenal Tumor Payudara yang Pernah Diidap Kesha Ratuliu, Simak Baik-Baik Ya!

Buah Berry

Beauty perlu tahu, kalau jenis buah berry seperti stroberi, blueberry, dan raspberry hitam mengandung polifenol yang cukup tinggi. Kandungan ini memiliki sifat anti-kanker lho!

Melansir dari laman Healthline, buah berry dapat mengurangi risiko terjadinya kanker payudara. 

Kamu bisa mengonsumi satu porsi buah berry setiap harinya untuk merasakan manfaatnya yang bisa mengurangi terjangkitnya kanker payudara.

Bawang Putih

Bawang putih juga dipercaya khasiatnya ddi dunia kesehatan. 2017 silam, para peneliti menganilisis efek bawang putih dan jenis sayuran lain yang mengandung allium terhadap sel kanker payudara.

Para peneliti menemukan efek positif pada kanker payudara terhadap kandungan estrogen pada bawang putih. Begitu pun dengan sayuran yang mengandung allium.

Sayuran Berbonggol

Selanjutnya ada sayuran berbonggol, keluarga cruciferous ini dapat pula mencegah terjangkitnya kanker payudara. Sayuran berbonggol itu kaya akan antioksidan seperti vitamin C, E, dan K, serta tinggi glukosinolat.

Glukosinat sendiri merupakan zat dalam makanan yang membantu melindungi sel dari kerusakan DNA. Serta memiliki senyawa kimia yang diduga mampu mencegah terjadinya kanker.

Ikan Salmon

Ada pula ikan salmon atau makanan lainnya yang mengandung asam lemak omega-3. Mengonsumsi ikan salmon dikatakan bisa mencegah kanker payudara dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Tak hanya dari ikan, kamu bisa menemukan kandungan asam lemak omega-3 dari alpukat ataupun minyak zaitun.

Biji-bijian utuh

Terakhir ada biji-bijian utuh, mungkin belum banyak yang tahu kalau ternyata biji-bijian utuh juga bisa mencegah kanker.

Biji-bijian utuh mengandung karbohidrat kompleks, fitokimia, serat, vitamin, dan mineral yang berpotensi mencegah terjadinya kanker payudara.

Mengutip dari laman Cleveland Clinic menyebutkan, para peneliti Tiongkok menemukan bahwa adanya asupan serat yang tinggi dna bisa mengubah kerja hormon pada kanker payudara. Dengan begitu, risiko kanker payudara pun bisa berkurang.

Makanan yang termasuk biji-bijian utuh di antaranya ialah beras merah, beras hitam, gandum, jagung, dan juga sorgum.

Semoga bermanfaat Beauty!

Baca Juga: Lagi Depresi? Atasi dengan Konsumsi 6 Makanan Ini

Baca Juga: Dikenal Memiliki Segudang Manfaat, Ternyata Madu Berbahaya Dikonsumsi Ibu Hamil!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.