Menu

Herbal Kunyit dan Madu Ternyata Bisa Sembuhkan Cacar Monyet, Benar Gak Ya?

23 September 2022 22:50 WIB
Herbal Kunyit dan Madu Ternyata Bisa Sembuhkan Cacar Monyet, Benar Gak Ya?

Kunyit.(PinterestEdited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Cacar dunia atau monkeypox tengah ramai diperbincangkan di berbagai belahan dunia. Pasalnya, penyakit ini merupakan penyakit langka yang disebabkan oleh infeksi virus.

Cacar monyet yang disebabkan infeksi virus monkeypox ini yang termasuk mirip dengan penyakit cacar yang berasal dari anggota keluarga orthopoxvirus.

Baru-baru ini, sebuah ramuan herbal viral di media sosial, yang diklaim mampu mengobati cacar monyet hanya dengan menggunakan kunyit dan madu. Resep herbal ini diunggah oleh akun Facebook Mohd J Hasby S beberapa waktu lalu melalui sebuah video.

Menurutnya, untuk mengobati cacar monyet cukup mengobati dengan bahan-bahan sederhana dan alami, seperti 1 sendok makan dihaluskan (ditumbuk) daun nimba, 1 sendok makan bubuk kunyit dan 1 sendok makan madu.

Nah, ternyata menurut Ketua Satgas Monkeypox PB IDI, dr Hanny Nilasari, SpKK (K) mengungkap jika hingga saat ini belum ada obat yang digunakan untuk mencegah penyakit cacar monyet. 

Jikapun ada, herbal yang mengklaim bisa mengobati virus cacar monyet, kegunaannya hanya untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. 

Namun, jika herbal tersebut digunakan secara dioles, hal ini perlu menjadi perhatian karena justru bisa menimbulkan infeksi. Mengingat penderita cacar monyet biasanya menimbukkan ruam, bintik-bintik atau luka berisi cairan bening atau kekuningan. 

Baca Juga: Terserang Batuk dan Pilek? Coba Obati dengan Bahan Alami Ini

Baca Juga: Bukan untuk Penyembuhan, Ternyata Ini Manfaat Obat Herbal untuk Penderita Corona

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.