Menu

Moms Ini Lho Tanda Janin Tumbuh dengan Sehat yang Bisa Kamu Rasakan! Nomor 2 Suka Bikin Deg-degan!

24 September 2022 20:45 WIB
Moms Ini Lho Tanda Janin Tumbuh dengan Sehat yang Bisa Kamu Rasakan! Nomor 2 Suka Bikin Deg-degan!

Ibu sedang mendengarkan musik pada anak dalam kandungan

HerStory, Jakarta —

Tentu saja ibu hamil selalu ingin bayi yang tumbuh dalam kandungannya berkembang dengan sehat dan aman. Maka dari itu, sangat penting untuk memastikan kondisinya dan rutin untuk melakukan kontrol di tiap trimester dan jangan malas melakukan USG selama kehamilan ya Moms.

Namun selain itu, kondisi janin sehat juga sebenarnya bisa dirasakan oleh ibu sendiri. Berikut empat tanda janin dalam kondisi sehat sebagaimana dijelaskan oleh dokter Jeffry Kristiawan pada kanal YouTube Tanyakan Dokter.

1. Ukuran Perut Ibu Bertambah

Kondisi janin yang semakin berkembang ditandai dengan bertambahnya ukuran panjang dan perkiraan berat badan ketika masih dalam kandungan. Hal itu ditandai dengan membesarnya perut ibu seiring bertambahnya usia kehamilan.

Perkiraan berat badan bayi juga bisa dihitung dengan mengukur tinggi fundus atau bagian atas dari rahim.

"Semakin lama usia kehamilan, tinggi fundus tentu semakin bertambah. Tapi pada setiap orang berbeda tinggi fundusnya. Karena bergantung bagaimana jumlah kehamilan, misalnya kehamilan kembar tentu tinggi fundus akan lebih besar daripada normal, kemudian juga bagaimana postur ibu, terlalu gemuk atau terlalu kurus dan hal lain yang menyebabkan tinggi fundus tidak sesuai dengan usia kehamilan," jelas dr. Jeffry.

Baca Juga: Kandungan Skincare Apa yang Aman Digunakan Ketika Sedang Hamil?

Baca Juga: Apakah Ibu Hamil Boleh Mengonsumsi Minuman Berkafein?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.