Beauty, buat kamu yang baru kenalan dengan produk scincare, kamu pasti dibuat bingung dengan beberapa produknya yang mirip-mirip. Namun, meskipun kelihatannya sama, tekstur, kandungan dan fungsinya pasti beda.

Biasanya produk skincare Korea memiliki beragam jenis istilah dalam produk perawatan kulitnya, seperti essence, serum, emulsion, refiner, moisturizer, dan masih banyak lagi. Nah, biar enggak salah pakai ketahui perbedaannya ya! Melansir dari laman jornal.sociolla.com, Jumat (11/06/2021) yuk, simak perbedaannya!

1. Essence

Essence biasanya ringan, memiliki konsentrasi lebih rendah daripada serum. Formulanya bisa berupa gel ataupun krim atau bahkan ada yang cair. Essence ini menjadi bagian utama dari perawatan skincare Korea. Kamu bisa menggunakan essence setelah memakai toner/refiner.

2. SerumĀ 

Serum bersifat ringan, memiliki konsentrasi yang lebih tinggi daripada essence. Serum biasanya memiliki keunggulan atau manfaat dalam menangani kondisi kulit tertentu, misalnya melawan tanda-tanda penuaan, atau kaya akan kandungan antioksidan. Cara pemakaian serum adalah sebelum penggunaan moisturizer. Kalau kamu biasa mempraktikkan 10 step skincare routine ala Korea, pemakaian serum adalah setelah penggunaan essence.

3. Emulsion

Baca Juga: Nggak Cuma Orang Tua, Bayi Juga Perlu Skincare! Ini 3 Rekomendasi Produk yang Bisa Rawat Wajah Sensitif Bayi

Emulsion berbahan dasar air, lebih ringan daripada krim atau lotion, lebih kental dan memiliki konsentrasi yang lebih rendah dibanding dengan serum. Emulsion cocok sebagai pelembap untuk kulit kombinasi dan berminyak karena formulanya yang ringan sehingga mudah menyerap serta mampu menghidrasi dan melembapkan kulit dan memudahkan kulit wajah untuk bernapas. Selain itu, formulanya yang ringan juga cocok untuk kulit sensitif.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas