Moms, ruam popok adalah kondisi saat kulit bayi mengalami bercak merah pada pantat, atau kulit merah bersisik di area kelamin. Kondisi ini disebabkan oleh penggunaan popok bayi.

Ruam popok biasanya terjadi karena, popok anak basah atau kotor terlalu lama, luka pada pantat bayi akibat gosokan saat membersihkannya, infeksi bakteri hingga reaksi alergi terhadap popok. Merangkum dari berbagai sumber, Kamis (22/9/2020) berikut tips mengatasi ruam popok pada bayi.

1. Jaga kulit bayi selalu bersih dan kering

Pastikan kulit di area selangkangannya selalu bersih dan kering. Biasakan juga untuk mengeringkan kulit si Kecil dengan menepuknya lembut menggunakan handuk atau kain. Hindari menggunakan tisu pembersih yang mengandung alkohol, serta menggosok area kulit bayi yang mengalami ruam terlalu keras.

Ketika sedang mengganti atau memakaikan popok untuk si Kecil, usahakan untuk tak terlalu ketat. Sesekali Moms juga dapat membiarkan bayi tanpa menggunakan popok untuk sementara waktu. Tujuannya agar kulit bayi tetap kering dan bisa bernapas dengan lega meski tertutup oleh popok. 

2. Rutin mengganti popok bayi

pastikan Moms selalu rutin mengganti popok bayi, setidaknya segera ketika popok si Kecil sudah kotor. Ingat, Selalu cuci tangan sebelum dan sesudah mengganti popok. Bersihkan dengan baik bagian kulit yang sering tertutup popok. Jangan biarkan bayi yang mengalami ruam popok karena tetap menggunakan popok yang sama dalam jangka waktu lama. Membiarkan si Kecil memakai popok terlalu lama dan kotor atau penuh justru dapat memperparah iritasi kulit. Jangan biarkan urin dan feses mengenai kulit si Kecil dalam waktu yang lama.

Baca Juga: Cocok untuk Kulit Sensitif, Ini Dia Bahan Pakaian yang Bisa Buat Si Kecil Jadi Nyaman!