Beauty, untuk kamu yang lagi berusaha mengatasi jerawat, jangan putus asa dulu. Taukah kamu bahwa tea tree oil punya sifat anti bakteri dan anti jamur yang dipercaya bisa mengurangi jerawat.  Marisa Garshick, MD, seorang dermatologis yang berbasis di New York, menjelaskan bahwa tea tree oil memiliki sifat anti bakteri yang berperan dalam pembentukan jerawat.

"Ini membantu mengatasi jerawat karena minyaknya telah diketahui memiliki efek antimikroba terhadap Cutibacterium acnes, sejenis bakteri yang ditemukan di kulit normal yang sehat, tetapi juga diketahui terlibat dalam pembentukan jerawat." Katanya.

Melansir dari laman womenshealthmag, Kamis (22/10/2020), berikut cara pemakaian tea tree oil untuk kulit berjerawat. 

1. Cari tahu jenis kulitmu

Beauty, yang punya kulit yang senstitif, tak ada salahnya untuk berpikir kembali sebelum menggunakan minyak ini. Meskipun  tea tree oil adalah alternatif yang lebih aman dari kandungan dalam produk jerawat, namun jika kulitmu tak stabil efeknya bisa mengalami ruam parah lho.

“Meskipun dapat ditoleransi dengan baik oleh sebagian besar jenis kulit. Jika memiliki kulit sensitif atau rawan eksim, sebaiknya hindari minyak pohon teh karena dapat menyebabkan iritasi atau eksim.” kata Dr. Deanne Robinson, MD, seorang dermatologis yang berbasis di Connecticut.

2. Jangan mengoleskan tea tree oil langsung ke kulit

Tea tree oil memang termasuk bahan alami, tapi untuk beberapa jenis kulit ia bisa menyebabkan iritasi. Kamu bisa mengetesnya dengan mengaplikasikan minyak tersebut ke permukaan kulit selain wajah untuk melihat bagaimana kulitmu bereaksi. Menurut Dr. Garshick, dalam keadaan murni, minyak pohon teh adalah bahan yang sangat kuat, jadi berhati-hatilah saat mengaplikasikannya ke kulit.

“Untuk perawatan langsung, basahi bola kapas dengan air, tambahkan setetes tea tree oil dan tepuk dengan lembut." Katanya.

Baca Juga: Atasi Jerawat Hingga Angkat Kulit Mati, Berikut Berbagai Manfaat Garam Untuk Perawatan Kulit Wajah