Menu

Duduki Posisi Head of Marketing Paragon, Clarissa Gunawan Berbagi Tips Menjadi Wanita Karier: Harus Berani Memulai

30 September 2022 15:35 WIB
Duduki Posisi Head of Marketing Paragon, Clarissa Gunawan Berbagi Tips Menjadi Wanita Karier: Harus Berani Memulai

Clarissa Angga Gunawan selaku Head of Marketing PT Paragon Technology and Innovation (LinkedIn/Clarissa Angga Gunawan)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah tantangan terbesar wanita untuk membangun kariernya di era saat ini? Menurut pandangan Clarissa Angga Gunawan selaku Head of Marketing PT Paragon Technology and Innovation salah satu permasalahan yang mendasar datang dari diri sendiri.

Ketika ditemui oleh Herstory di SCBD, Jakarta Selatan (28/9/2022), Clarissa menjelaskan bahwa ada kecenderungan wanita takut untuk memulai sesuatu. Tak hanya itu, sebagai wanita ada masalah lain seperti halangan dari pihak keluarga.

“Kalau ngobrol soal wanita kadang ada takut, takut untuk memulai, masuk ke dunia karier, bahkan ada barrier dari keluarga, ‘ngapain sih tinggi-tinggi?’” ungkap Clarisaa kepada Herstory (28/9/2022).

Meski begitu, ia menjelaskan bahwa semua halangan dalam berkarier dapat teratasi dengan cara memulainya terlebih dahulu. Menurutnya, mematahkan ketakutan dalam diri adalah hal krusial yang harus diatasi terlebih dahulu.

“Dari pengalaman aku, tipsnya adalah kita belajar untuk memulai. Kadang ada dalam diri kita ‘gak bisa deh’, ‘kok dia lebih hebat, aku enggak’, kadang kayak gitu. Justru yang pertama harus kita break adalah belajar memulai dan mau mencoba,” terangnya.

Saat memasuki jenjang karier yang diinginkan, barulah seseorang memulai perkembangan baru. Tahap ini, kamu akan belajar dan mengetahui lebih dalam apa yang kamu minati, Beauty.

“Setelah memulai, kita baru tahu ternyata kita suka, enjoy doing something, dan kita belajar menyeimbangkan work life balance, di rumah gimana di kerjaan gimana,” ungkap Clarissa.

“Pertama kali belajar memulai dan mencoba hal baru. Kadang kita sebagai wanita bingung habis kuliah mau nikah dulu, mau S2, atau sesimple bingung kariernya mau seperti apa. Jadi coba-coba itu sesuatu yang oke banget,” lanjutnya.

Baca Juga: Dear Wanita Karier, Ini Saran Ahli untuk Atur Pekerjaan Rumah dan Kantor saat WFH

Baca Juga: Working Moms Merapat Yuk, Sederet Tips Ini Mampu Seimbangkan Kehidupan Keluarga dan Kariermu Lho!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.