Menu

Payudara Kendur Pasca Melahirkan? Jangan Panik! Berikut 5 Cara Kencangkan Payudara Ya Moms!

01 Oktober 2022 15:55 WIB
Payudara Kendur Pasca Melahirkan? Jangan Panik! Berikut 5 Cara Kencangkan Payudara Ya Moms!

Ilustrasi ibu menyusui yang payudaranya bengkak. (BabyCenter India)

HerStory, Bogor —

Bentuk payudara tiap individu pada wanita memang berbeda-beda. Apalagi seiring dengan berjalannya waktu, tak hanya kulit tapi juga payudara bisa berkurangnya elastisitasnya. 

Tak jarang wania menjadi minder karena payudara mengendur. Kondisi tersebut bisa diatasi dengan kebiasaan dan perubahan gaya hidup. Di bawah ini beberapa faktor yang bisa menyebabkan bentuk payudara menjadi kendur.

  • Pertambahan usia adalah penyebab paling umum dari payudara kendur. Kulit akan semakin berkurang elastisitasnya akibat penuaan.
  • Merokok menyebabkan kulit tubuh termasuk pada payudara kehilangan elastisitasnya dan tidak kembali kencang.
  • Ukuran payudara yang terlalu besar akan cenderung lebih berat, sehingga dapat melorot seiring waktu dan pertambahan usia.
  • Kehamilan menyebabkan perubahan pada ukuran dan struktur payudara. Ketika hamil, ligamen yang menopang payudara meregang bahkan sejak trimester pertama kehamilan. Ligamen yang melemah ini menyebabkan payudara kendur dan efeknya dapat meningkat pada setiap kehamilan.
  • Fase menopause tentunya mempunyai pengaruh terhadap perubahan hormonal sehingga mengurangi elastisitas kulit.
  • Terlalu berlebihan melakukan olahraga berat dengan intensitas tinggi juga dapat menyebabkan jaringan ikat payudara rusak, lalu kendur.

Dilansir dari Heathline, terdapat beberapa cara untuk mengencangkan payudara supaya balik ke bentuk yang proposional tanpa perlu operasi, disimak yuk!

1. Latihan dada

Cara pertama yang bisa Anda coba untuk membantu mengencangkan payudara yaitu dengan latihan dada.

Sebab di bagian bawah payudara terdapat jaringan ikat fibrosa dan otot yang bisa dilatih untuk meningkatkan penampilan dada secara keseluruhan.

Supaya lebih maksimal, latihannya dapat dikombinasikan dengan berenang seminggu sekali, push up, bench press, arm curls. Gerakan mengencangkan payudara ini idealnya dilakukan setiap hari minimal 10-15 menit.

2. Latihan memperbaiki postur tubuh

Latihan sikap juga dapat memperbaiki postur tubuh. Misalnya dari yang sebelumnya bungkuk dan memengaruhi payudara jadi turun, lalu dilatih untuk terbiasa tegap.

Dengan menjaga punggung tetap lurus, tegap, dengan bahu ke belakang, maka postur yang baik ini berfungsi untuk mendistribusikan beban secara merata di tubuh Anda.

Sebab jika terlalu sering membungkuk, payudara akan menggantung dan memengaruhi jaringan di dalamnya sehingga mempercepat kendur.

Baca Juga: Ternyata Jarang Pakai Bra Bisa Sebabkan Payudara Kamu Kendur Lho Beauty! Kenapa ya? Ini Kata Ahli

Baca Juga: Ternyata.. Ini Lho 4 Cara Mengatasi Payudara yang Kendur!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.