Menu

Moms, Begini Tips Memotong Kuku Balita yang Tepat dan Aman

Kintan Nabila
11 Juni 2021 17:00 WIB
Moms, Begini Tips Memotong Kuku Balita yang Tepat dan Aman

Ilustrasi menggunting kuku bayi. (Pinterest/beingathinkaholic.com)

HerStory, Bogor —

Moms, rutinitas memotong kuku si kecil tentunya jadi tantangan tersendiri. Anak-anak biasanya sangat aktif dan tak bisa diam. Karenanya Moms mesti ekstra hati-hati saat memotong kukunya agar tak melukai di kecil.

Penting untuk menjaga kuku anak agar selalu pendek dan bersih. Hal ini agar melindungi si kecil dari risiko penyakit. Kuman dan kotoran akan tersimpan di kuku yang panjang dan mudah masuk ke tubuh anak melalui mulut atau hidungnya. Melansir dari berbagai sumber, Jumat (11/06/2021) begini tips memotong kuku anak.

1. Gunakan gunting kuku khusus bayi

Karena jarinya yang masih mungil, ukuran kuku bayi baru lahir juga kecil. Oleh karena itu, Moms disarankan untuk menggunting kuku si kecil dengan gunting kuku khusus bayi. Jangan gunakan gunting kuku untuk orang dewasa karena ukurannya tak pas dengan ukuran kuku jari bayi.

2. Lembutkan kuku dengan air hangat

Moms bisa menggunting kuku balita setelah ia mandi air hangat. Sebab, biasanya kuku melunak setelah berendam di bak mandi, membuatnya lebih mudah diratakan. Namun, jangan mencoba memotong kuku anak-anak di dalam air. Cobalah menjadwalkan sesi potong kuku yang menyenangkan tepat setelah mandi

Share Artikel: