Indonesia harus bangga. Empat wanita hebat asal Indoneeia masuk ke dalam jajaran wanita paling berpengaruh di dunia versi majalah-majalah ternama dunia. 

Salah satunya di tahun ini ada majalah Fortune yang kembali membuat daftar orang yang berpengaruh di dunia, di antaranya terdapat Dirut PT. Pertamina. 

1. Nicke Widyawati

Wanita hebat yang lahir di Tasikmalaya pada tanggal 25 Desember 1967 ini menjabat sebagai Direktur Utama PT. Pertamina (Persero) yang menjabat sejak 30 Agustus 2018. Ia menempati posisi ke 16 dari 50 wanita paling berpengaruh, The Most Powerful Women International 2020 dalam majalah Fortune. 

Daftar ini mencakup wanita-wanita eksekusif perusahaan terkemuka berskala global yang masih berjaya di kala pandemi covid-19. 

Nama Nicke masuk ke dalam daftar tersebut karena pendapatan dari perusahaan yang ia pegang melebihi $54,6 miliar dengan 32.000 jumlah pekerjanya di seluruh dunia. 

2. Sri Mulyani 

Siapa yang gak kenal dengan Menteri Keuangan Republik Indonesia yang menjabat selama dua periode ini? Pasti semua kenal! 

Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia di tahun 2010 sampai 2016. 

Sri Mulyani pernah masuk ke dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh versi Majalah Forbes di tahun 2019. 

Enggak heran, wanita berumu 58 tahun ini sangat berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

3. Susi Pudjiastuti

Siapa yang setuju kalau Bu Susi lebih cocok jadi woman crush pada setiap tahunnya? Her Story sih yes. 

Menteri nyentrik satu ini pernah masuk ke daftar wanita paling berpengaruh versi BBC di tahun 2017.

Susi memiliki latar belakang yang paling berbeda dari nama-nama dalam daftar artikel ini. Susi yang pada saat itu berada di posisi ke 54 dari 100 wanita paling berpengaruh, hanya memiliki ijazah SMP. 

Tapi berkat kegigihanya, Susi menjadi pengusaha sukses. Ia memiliki Airlines pesawat bernama Susi Air dan salah satu perusahaannya, PT ASI Pudjiastuti Marine Product bergerak di bidang eksportir ikan. 

Susi juga pernah menjabat sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan Republik Indonesia dan sukses dengan menenggelamkan kapal-kapal ilegal yang memasuki wilayah perairan Indonesia. 

4. Karen Agustiawan

Karen masuk ke dalam daftar 50 Most Powerful Women versi majalah Fortune Global di tahun 2013. 

Saat itu ia menjabat sebagi Direktur Utama PT. Pertamina (Persero) yang saat ini diduduki oleh Nicke Widyawati. 

Karen adalah lulusan Sarjana Teknik Fisika Intitute Teknologi Bandung. 

Ia memulai kariernya profesionalnya di Landmark Concurrent Solusi Indonesia sebagai Manager of Consulting di tahun 1998.

Baca Juga: Diminta 'Comeback', Yuk Intip Lagi Perjalanan Karier Susi Pudjiastuti, Mantan Menteri KKP yang Inspiratif

Kariernya terus berkembang sampai ia menjadi Direktur Utama PT. Pertamina (Persero) di tahun 2009, lalu menjadi dosen guru besar di Harvard University, Boston.