Beauty, mungkin enggak sedikit di antara kamu ketika mendapati darah haid berwarna hitam-gelap merasa khawatir, bukan? Kondisi perubahan warna darah haid ini umumnya terjadi karena penurunan oksigen dalam darah. Sehingga, kondisi ini membuat perubahahan warna darah haid, mulai dari merah yang normal, kecoklatan, hingga hitam.

Meski warna darah haid enggak menjadi patokan normal atau enggaknya menstruasi, tapi enggak menutup kemungkinan kalau warna darah haid berwarna hitam sebagai tanda adanya masalah.

Nah, untuk itu penting banget kamu tahu apa penyebab darah haid hitam yang keluar saat periode menstruasi, Beauty. Merangkum dari berabagi sumber, Minggu (25/10/2020), berikut lima di antaranya.

Awal atau akhir siklus haid

Aliran darah haid cenderung sedikit lebih lambat di awal dan akhir siklus periode. Semakin lama keluarnya darah dari tubuh, semakin lama pula darah haid teroksidasi dan berubah menjadi lebih coklat tua atau kehitaman.

Darah haid yang tertahan

Haid yang tertahan atau hematocolpos adalah ketika darah menstruasi enggak dapat keluar dari saluran vagina dan memenuhi vagina. Kondisi ini membuat darah haid perlahan-lahan bertambah gelap seiring berjalannya waktu.

Seperti yang disebutkan dalam laman flo.health, dalam kasus yang jarang terjadi, enggak adanya serviks atau komplikasi bedah yang dikenal sebagai atresia serviks juga dapat menyebabkan menstruasi yang tertahan. 

Baca Juga: Ini 5 Jenis Gangguan Menstruasi yang Enggak Boleh Kamu Abaikan! Coba Pahami, Beauty!