Menu

Apa Sih Kekurangannya? Kompor Listrik Dikritik Mulan Jameela, Benarkah Gak Cocok untuk Budaya Masak Indonesia?

05 Oktober 2022 13:25 WIB
Apa Sih Kekurangannya? Kompor Listrik Dikritik Mulan Jameela, Benarkah Gak Cocok untuk Budaya Masak Indonesia?

Mulan Jameela (Instagram/mulanjameela1)

HerStory, Jakarta —

Nama Mulan Jameela tiba-tiba menjadi trending di sosial media Twitter setelah dirinya mengkritik kebijakan alias tak setuju untuk beralih dari kompor gas LPG ke kompor induksi atau kompor listrik.

Istri Ahmad Dhani itu yang juga merupakan anggota Komisi VII DPR RI menyampaikan pandangannya mengenai kebijakan terbaru dari pemerintah mengenai konversi kompor listrik. Hal ini diungkapkan oleh Mulan saat rapat kerja Komisi VII dengan Dirjen ILMATE Kemenperin pada hari Rabu (21/9/2022).

Ia meminta konversi LPG dengan kompor induksi dikaji lebih dalam lagi oleh pemerintah. Hal tersebut dikarenakan kompor induksi belum tentu cocok digunakan di Indonesia.

Mulan Jameela mengungkapkan kritik tersebut berdasarkan dari pengalamannya sebagai ibu-ibu. Berdasarkan pengakuannya, ia sudah memiliki kompor listrik di rumahnya, tetapi masih menggunakan kompor gas. 

Hal tersebut dikarenakan masakan Indonesia lebih cocok menggunakan kompor gas menurut Mulan Jameela.

Oleh karenanya, Mulan meminta agar program atau kebijakan konversi kompor induksi tersebut tak terburu-buru diterapkan. Menurutnya, perlu dilakukan pengkajian ulang untuk menghindari permasalah baru dari program tersebut.

Dalam kesempatan itu, Mulan juga menyoroti soal listrik yang akan digunakan oleh masyarakat jika program konversi kompor induksi jadi dilaksanakan. Ia khawatir penggunaan kompor listrik menjadikan tagihan listrik masyarakat jadi membludak.

Diketahui, program konversi kompor induksi ini rencananya akan dilakukan dengan skala nasional. Mulan pun berpendapat bahwa jika hal tersebut dilakukan, menurutnya masih banyak daerah yang listriknya masih belum tersambung.

Terakhir, Mulan juga menegaskan bahwa kompor listrik ini dirasa kurang sesuai dengan budaya memasak masyarakat Indonesia.

Lantas, apa keunggulan dan kekurangan kompor induksi yang diprotes oleh Mulan Jameela? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Perlu diketahui bahwa pemerintah setelah memberikan subsidi berupa gas elpiji sebagai bahan bakar, saat ini tengah merancang akan mengganti gas elpiji tersebut dengan kompor induksi.

Kompor induksi sendiri merupakan kompor yang menggunakan panas dari listrik sebagai sumber energi.

Diketahui, penggunaan kompor induksi ini dinilai bisa menghemat pengeluaran Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) hingga Rp 330 miliar per tahunnya.

Tak hanya itu, penggunaan kompor induksi juga dinilai lebih hemat, tetapi ada beberapa keunggulan dan kekurangan dari kompor induksi yang perlu dijadikan bahan pertimbangan sebelum menggunakannya.

Baca Juga: Flying Kiss Maia Estianty untuk Ahmad Dhani, Al Ghozali: Priceless Moment!

Baca Juga: Potret Maia Estianty dan Ahmad Dhani dalam Satu Studio, Bakal Ada Project Musik Bareng Nih?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.