Menu

Gawat! Ini 5 Tanda Pembekuan Darah di Otak, Bisa Fatal Akibatnya Kalau Disepelekan!

05 Oktober 2022 10:20 WIB
Gawat! Ini 5 Tanda Pembekuan Darah di Otak, Bisa Fatal Akibatnya Kalau Disepelekan!

Ilustrasi otak yang mulai mengalami kerusakan karena kebiasaan buruk. (Freepik/asier_relampagoestudio)

HerStory, Jakarta —

Pembekuan darah atau gumpalan darah merupakan penumpukan darah yang sebelumnya cair menjadi bentuk gel atau setengah padat.

Masalah pembekuan darah ini bisa menjadi situasi yang berbahaya dan mengancam nyawa, terutama jika terjadi di otak yang merupakan orrgan paling vital pada manusia.

Ada banyak penyebab terjadinya pembekuan darah di otak, di antaranya riwayat keluarga, mengalami trauma pada otak akibat cedera, aterosklerosis, kebiasaan merokok, hingga kurang aktif bergerak.

Lantas, apa saja tanda-tanda seseorang mengalami pembekuan darah di otak?

Melansir dari laman CDC (5/10/2022), berikut ini beberapa tanda pembekuan darah di otak yang perlu kamu waspadai. Yuk, simak baik-baik, ya!

Gangguan penglihatan

Tanda awal terjadinya pembekuan darah di otak adalah gangguan penglihatan. Gangguan penglihatan ini bisa dirasakan pada salah satu maupun kedua mata sekaligus.

Menurunnya penglihatan atau gangguan penglihatan bisa berlangsung sementara ataupun permanen, tergantung dengan keparahan yang terjadi.

Kesulitan berbicara

Sulit berbicara menjadi tanda lain seseorang mengalami pembekuan darah di otak. Sebab, ada kerusakan di bagian otak yang memproses bahasa dan komunikasi. Penderitanya akan sulit berbicara dan kata-kata yang keluar sulit dipahami.

Baca Juga: Berdampak Serius! Peneliti Sebut Virus Corona Bisa Merusak Otak dan Sistem Saraf

Baca Juga: Penelitian: Virus Corona Mampu Menginfeksi Otak dan Mereplikasi Diri 10 Kali Lipat

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.