Menu

Moms, Ini 4 Jenis Nyeri Payudara yang Bisa Terjadi saat Menopause, Perhatikan Ya!

05 Oktober 2022 15:00 WIB
Moms, Ini 4 Jenis Nyeri Payudara yang Bisa Terjadi saat Menopause, Perhatikan Ya!

Ilustrasi wanita yang memijat payudara. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Menopause merupakan akhir dari siklus menstruasi seorang wanita. Menopause dapatt menggambarkan setiap perubahan yang dialami setelah berhentinya menstruasi.

Kondisi menopause adalah bagian alami dari penuaan wanita yang terjadi setelah usia 40 tahun. Namun, ada juga wanita yang mengalami menopause dini.

Ada beberapa gejala yang akan dirasakan wanita saat menopause, salah satunya adalah nyeri payudara. Nyeri payudara saat menopause terjadi karena adanya fluktuasi hormon estrogen dan progesteron secara tiba-tiba.

Melansir dari berbagai sumber (5/10/2022), berikut ini beberapa jenis nyeri payudara yang bisa terjadi saat menopause. Yuk, simak baik-baik, ya!

Nyeri payudara siklik

Kondisi ini bisa terjadi saat wanita masih mengalami menstruasi atau pramenopause. Nyeri payudara siklik bisa dialami karena adanya respons terhadap peningkatan serta menurunnya kadar hormon.

Kondisi ini akan membuat payudara terasa nyeri tumpul dan mengeras di seluruh bagian kedua payudara hingga area ketiak. 

Nyeri payudara non siklik

Nyeri payudara non siklik akan menimbulkan nyeri pada bagian dalam, bawah, dan area sekitar payudara. Nyeri yang terasa akan sangat tajam dan muncul sensasi terbakar di seluruh atau bagian tertentu di payudara.

Baca Juga: Wanita Wajib Tahu! Penelitian: Olahraga Teratur Dapat Mengurangi Risiko Berat Badan Naik saat Menopause

Baca Juga: Waduh! Wanita yang Menopause Dini Berisiko Alami Penyakit Jantung

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita