Memasuki musim penghujan, flu menjadi penyakit yang sering dialami oleh orang dewasa hingga bayi. Duh,harus hati-hati nih, jangan sampai si kecil kena flu, ya, Moms!

Saat si kecil mengalami flu tentunya Moms akan kerepotan karena si kecil menjadi lebih rewel. Terlebih lagi dalam situasi pandemi seperti ini membawa bayi ke dokter akan lebih berisiko. Belum lagi Moms akan kebingungan obat apa yang cocok untuk bayi.

Nah, ternyata ada cara yang lebih baik untuk menyembuhkan flu si kecil daripada langsung memberinya obat. Gimana ya caranya? Yuk, simak artikel ini, Moms!

1. Berikan banyak cairan

Cairan sangat penting bagi tubuh terutama saat sedang flu. Untuk itu Moms harus lebih sering memberikan ASI pada si kecil untuk menambah cairan dalam tubuhnya. Jika si kecil sudah berusia di atas 6 bulan, Moms bisa memberikan air putih atau jus buah alami, dan sup hangat. Jangan lupa untuk biarkan si kecil beristirahat yang banyak agar flu lebih cepat sembuh.

2. Gunakan uap alami

Jika hidung bayi tersumbat dan membuatnya menjadi susah bernafas, cobalah Moms berikan uap alami. Caranya juga sangat gampang. Cukup sediakan air panas di dalam baskom lalu dekatkan bayi pada area baskom selama 10-15 menit untuk menghangatkan tubuh bayi dan dapat mengatasi hidung si kecil yang tersumbat.

3. Gunakan penyedot ingus

Dikarenakan bayi belum bisa mengeluarkan lendir dalam hidungnya sendiri, Moms dapat membantu dengan menggunakan nasal aspirator (penyedot ingus) agar lendirnya keluar. Sebelum menggunakannya pada hidung bayi, jangan lupa untuk disterilkan terlebih dahulu dengan alkohol.

Baca Juga: Studi: Antibodi Flu Dapat Melindungi Tubuh dari Infeksi COVID-19, Benarkah?