Menu

Kiat-kiat Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan, Nomor Empat Malah Sering Diabaikan Nih

05 Oktober 2022 09:33 WIB
Kiat-kiat Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan, Nomor Empat Malah Sering Diabaikan Nih

Ilustrasi tangan selalu merasa dingin (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, saat ini Indonesia memasuki musim hujan. Di musim ini, banyak penyakit yang mulai menyerang kesehatan kita. Jika sistem kekebalan tubuh kita lemah, maka penyakit-penyakit akan dengan mudah menyerang kita.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dr Adib Khumaidi, SpOT mengingatkan masyarakat tetap menjaga daya tahan tubuh saat musim hujan.

"Kesehatan, daya tahan tubuh yang penting dan kita harus bergaya hidup sehat," kata Dokter Adib, dilansir dari laman Genpi, Rabu (5/10/2022).

Adib menjelaskan upaya menjaga daya tahan tubuh ini antara lain:

1. makan di tempat yang bersih

2. menjaga makanan tetap higienis

3. memiliki waktu istirahat yang cukup

4. menjaga kebersihan tangan dengan rutin mencuci tangan

Khusus untuk asupan makanan, dia menyarankan orang-orang memperbanyak konsumsi sayuran dan buah serta mencukupi kebutuhan makanan bergizi.

"Suplemen dapat menjadi pilihan orang-orang bila diperlukan," ucapnya.

Selain itu, dia mengingatkan untuk menghindari berlama-lama terkena hujan dan melindungi tubuh semisal dengan jas hujan dan jaket.

Dokter Adib juga mengingatkan orang-orang menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan memastikan tak ada genangan air di selokan-selokan dan genangan air di lokasi lainnya.

"Musim hujan memudahkan munculnya penyakit seperti demam berdarah, tipes, penyakit gastrointestinal yang meliputi mulut, faring (tenggorokan), kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, rektum, dan anus seperti diare dan ISPA," tuturnya.

Baca Juga: Pemakaian Pelembab yang Benar di Musim Penghujan

Baca Juga: Bingung Olahraga saat Musim Hujan? Lompat Tali Bisa Jadi Pilihan Terbaikmu Lho

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.