Banyaknya produk tisu basah yang beredar di pasaran, tentunya bikin Moms bingung untuk memilih. Tisu basah menjadi salah satu benda yang wajib dibawa oleh para Moms yang memiliki bayi berusia 0-2 tahun. Tisu ini akan menjaga kulit anak tetap bersih, terutama saat bepergian.

Meskipun tak ada efek buruk yang akan terjadi pada bayi saat menggunakan tisu basah, namun Moms juga perlu untuk menemukan produk yang berkualitas. Merangkum dari berbagai sumber, Senin (26/10/2020) begini cara memilih tisu basah untuk bayi.

1. Pilih tisu basah yang non alkohol

Moms harus memilih tisu basah bayi yang bebas dari kandungan alkohol. Terutama jika digunakan pada bayi yang baru lahir. Cobalah untuk melihat daftar komposisi bahan-bahannya. Moms dapat memilih tisu dengan kandungan hypoallergenic yang tak akan menimbulkan alergi dan iritasi pada kulit bayi. 

2. Hindari tisu dengan pewangi

Kulit bayi yang baru lahir biasanya masih lembut, dan harus ditangani dengan hati-hati agar tak timbul ruam dan masalah kulit lainnya. Moms harus berhati-hati dengan produk tisu basah yang mengandung pewangi. Tisu yang mengandung pewangi biasanya menggunakan campuran bahan kimia yang bisa menimbulkan masalah kesehatan untuk Si Kecil. Jadi, para orang tua disarankan untuk memilih tisu basah tanpa aroma untuk digunakan pada bayi.

3. Pilih produk yang lembut di kulit bayi

Kulit bayi berusia di bawah dua tahun sangatlah sensitif dan mudah sekali mengalami iritasi. Untuk itu, walaupun tak digunakan setiap hari, pilihlah produk yang lembut di kulit bayi. Kandungan pelembap dan bahan aditif adalah dua poin utama yang perlu Moms periksa saat memilih tisu basah bayi. 

4. Pilihlah produk dengan tingkat kelembapan sedang

Baca Juga: Moms, Anak Takut Belajar Matematika? Begini Tips Mengatasinya Sejak Dini

Tisu yang banyak mengandung banyak air tentunya memudahkan saat membersihkan kotoran di kulit bayi tanpa harus menggosoknya kuat-kuat. Namun, membutuhkan waktu lebih lama untuk kering. Sementara, tisu basah yang kandungan airnya sedikit membuat Moms perlu menggosok kulit bayi lebih kuat saat membersihkan. Tisu seperti ini juga tak direkomendasikan karena bisa menyebabkan iritasi dan ruam pada kulit bayi. Pilihan terbaik adalah tisu basah dengan kandungan air dan daya melembapkan yang sedang. Daya melembapkan ini sangat bergantung pada bahan aktif, minyak, dan losion yang ada dalam tisu basah.