Miniseri terbaru Netflix: 'The Queen's Gambit', dibintangi oleh Anya Taylor-Joy. Series ini menceritakan kehidupan Beth Harmon, seorang pemain catur muda yang ajaib, dan berlangsung selama era Perang Dingin. Dilihat dari latar zaman dahulu yang tersajikan dalam seris tersebut, kamu dapat lihat banyak inspirasi dari style, kostum, sampai gaya rambut tahun 1940-an sampai 1960-an. 

Daniel Parker, penata rambut dan penata rias untuk 'The Queen's Gambit', sangat bangga membuat karakter Beth terasa senyata dan autentik pada waktu itu. 

"Kami berurusan dengan [waktu] dari tahun 40-an hingga pertengahan akhir tahun 60-an, jadi itu benar-benar bagian periode yang mencakup beberapa dekade dalam penampilannya," kata Parker yang dilansir dari POPSUGAR. "Ada banyak penelitian dan perburuan untuk melihat-lihat."

Gaya rambut

Miniseri ini bercerita tentang Beth dari usia delapan hingga 22 tahun, tiga aktris digunakan untuk memerankannya di berbagai tahap hidupnya. Untuk menyampaikan perkembangan karakter ini, Parker harus menciptakan tiga penampilan yang sangat berbeda namun kohesif.

"Untuk panggung panti asuhan, saya ingin menciptakan tampilan yang hampir saya cukup lucu, dengan pinggiran yang sangat pendek ini," kata Parker.

Anya Taylor-Joy sendiri punya empat model rambut dari wig karena perbedaan warna rambut pirang Anya di kehidupan nyata dengan karakter Beth yang rambutnya merah. 

Dari keempat model, ada kah yang bisa kamu jadikan acuan untuk potong rambut gaya vintage besok?

Riasan Wajah

Selain rambut, riasan adalah alat terbaik Parker untuk menunjukkan kedewasaan Beth seiring berjalannya seri. Pada awalnya, tampilan yang sangat bersih, sederhana, tanpa riasan.

"Kemudian kami perlahan-lahan terus menambahkannya untuk mulai menua dan membawa mereka menjadi dewasa," kata Parker. "Aku ingin berubah dari gadis kecil yatim piatu yang malang itu menjadi sangat glamour."

Semua tampilan riasan tetap sesuai dengan periode yang disajikan dalam seris itu. Dengan eyeliner bersayap, bibir merah, dan pipi kemerahan. Riasan pada wajah Beth banyak dapat pengaruh dari Twiggy, aktris asal Inggris yang berkarier di tahun 1960-an.

Gaya Feminine

Saat Beth bersaing untuk menjadi grandmaster dalam catur, jelas bahwa industrinya didominasi oleh pria, karakter Beth harus bekerja keras untuk terlihat nyentrik dan tetap feminin.

"Inti dari karakter ini adalah dia sangat feminin dan sangat glamor," kata Parker. 

Parker sendiri menyebutkan tokoh glamor pada saat itu adalah Marilyn Monroe. Sedangkan untuk model rambut, sang penata rias ini mendapat inspirasi dari Grace Kelly. 

Baca Juga: Beauty Harus Tahu! Begini Model Potongan Rambut Wanita yang Disukai Oleh Para Pria!

Apa gaya vintage tahun 40-60an ala Beth dari 'The Queen's Gambit' sudah mulai mempegaruhi kamu untuk ganti style di pengujung tahun ini?