Dalam hal menjadi orang tua untuk anak laki-laki baik perempuan ada hari-hari di mana harus memberikan mereka apresiasi yang lebih. Apalagi dalam membesarkan seorang putri, mereka harus tahu betapa pentingnya hadirnya dalam keluarga.

Apresiasi untuk mereka bukan sekadar pemberian hadiah boneka, pergi ke restoran mewah, atau belanja. Tapi ada beberapa cara lain untuk membuat lebih berkesan bagi putri kecilmu.

Nah, apa saja sih, Moms?

1. Kebebasan

Jelas sekali sebagai orang tua, kamu mungkin ingin melindungi putrimu dari segala macam kejahatan. Untuk itu, kamu dapat memintanya enggak melakukan hal-hal tertentu, seperti melarangnya keluar, mengenakan pakaian tertentu, dll. Tetapi melindungi putrimu dari kejahatan dan mengatakan kepadanya apa yang harus dilakukan atau apa yang gak boleh dilakukan adalah dua hal yang berbeda, lho

Dengan cara ini kamu akan mengambil semua kebebasannya dan mengendalikan hidupnya sesuai keinginanmu. Biarkan dia mendapatkan pengalaman dalam hidupnya sehingga dia bisa menangani masalahnya sendiri.

2. Keluarkan Potensi Tersembunyi Dalam dirinya 

Hanya karena dia seorang wanita, bukan berarti dia kurang mampu dibandingkan pria. Setiap orang memiliki potensi dan keterampilannya masing-masing. kamu hanya perlu mencari tahu apa minat dan keterampilannya. Menghentikan putrimu dari memilih karier pilihannya dan memintanya untuk belajar memasak bukanlah hal yang benar untuk dilakukan. Biarkan dia mandiri dan jelajahi keahliannya. Memasak dan membersihkan bisa dipelajari setelahnya. Jangan biarkan dia merasa terlahir untuk memasak dan mengurus keluarga saja.

3. Percaya 

Biarkan putri kecil tahu bahwa kamu memercayainya dan akan selalu berada di sisinya. Di dunia ini, di mana orang enggak berpikir dua kali sebelum menghakimi seseorang dan membuat komentar negatif tentang dia, penting bagi orang tua untuk mempercayai putrinya sendiri. Sangat penting untuk memberikan pesan yang kuat kepada masyarakat bahwa apapun yang terjadi, kamu enggak akan pernah berhenti mempercayai putrimu. Akibatnya, semua penilaian dan komentar negatif itu enggak akan berpengaruh pada putrimu dan ia akan selalu percaya diri.

4. Ajaran Baik dan Buruk 

Moms, ini saatnya kamu mengajari putrimu tentang sentuhan yang baik dan buruk, terutama jika dia masih kecil. Meningkatnya kasus pemerkosaan dan pelecehan anak dengan jelas menjelaskan mengapa penting untuk membuat anak belajar tentang perbedaan antara sentuhan baik dan sentuhan buruk.

5. Berikan Pendidikan Seks

Baca Juga: Moms, Berhentilah Meneriaki Anak karena Bisa Berdampak Buruk bagi Mentalnya

Pendidikan seks cukup penting untuk anak zaman sekarang. Ini bukanlah sesuatu yang harus disembunyikan. Moms perlu memberi tahu putrinya bagaimana tubuhnya akan berubah ketika dia memasuki masa remaja dan bagaimana menanggapi perubahan itu. Pendidikan seks akan membantu putrimu untuk meningkatkan pola pikir dan sikapnya terhadap kesehatan reproduksinya. Dia kemudian dapat memahami bahwa orang yang berbeda memiliki seksualitas dan preferensi mereka sendiri.