Pertengkaran selalu menjadi hal yang lumrah dalam kehidupan pernikahan. Pasalnya dengan bertengkar, kamu dan suami bisa belajar dari kesalahan untuk terus memperbaiki diri, tahu cara menyelesaikan masalah, dan mencari solusi.

Namun, pertengkaran tak akan pernah selesai jika salah satu pihak tak ada yang mau mengalah. Mempertahankan ego justru akan membuat hubungan kamu dan suami semakin berantakan. Merangkum dari berbagai sumber, Senin (26/10/2020) berikut alasan kenap akamu perlu mengalah.

1. Mengalah bukan lemah, tapi menunjukan sisi dewasa

Siapa bilang mengalah pada pasangan mencerminkan pihak yang tertindas? Mengalah tak selalu identik dengan kata lemah. Sebaliknya, mengalah justru menunjukkan bahwa jiwamu kuat. Sisi kedewasaanmu akan lebih terasah. Saat kamu berbaikan dengan pasangan karena sikap satu ini, tak menutup kemungkinan dia akan lebih bersimpati dan terpikat padamu. Bahkan dia akan mensyukuri karena telah dianugerahi pendamping yang berjiwa besar sepertimu.  

2. Mengalah bukan berarti kehilangan harga diri

Pasangan suami istri biasanya akan saling mendiamkan setelah bertengkar. Keduanya tak ada yang mau mengalah untuk minta maaf karena gengsi. Padahal, mengalah bukan berarti kamu akan kehilangan harga diri.  Hilangkan sikap gengsi dan minta maaflah pada pasangan. Bukan karena kamu melakukan kesalahan, melainkan agar kamu bisa kembali berdamai. Minta maaf tak hanya harus dilakukan saat bersalah, kok. Terkadang ini diperlukan agar semuanya kembali normal lagi. Apabila kamu dan pasanganmu sudah mengesampingkan ego dan gengsi, hubungan pun akan semakin langgeng.

Baca Juga: Catat! Begini 3 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengurangi Risiko Perceraian!